News - Mobil hybrid Indonesia banyak pilihannya. Banyak orang melirik mobil hybrid ketika mereka belum terlalu yakin dalam membeli mobil listrik. Apa saja mobil hybrid yang direkomendasikan saat ini?

Mobil hybrid menggabungkan antara mesin bensin dengan motor listrik. Kedua komponen tersebut bekerja saling melengkapi saat berkendara. Ada beberapa jenis mobil hybrid yang memiliki perbedaan dalam cara kerjanya.

Contohnya pada mobil yang diciptakan menggunakan mekanisme paralel hybrid, mesin bensin dan motor listrik diintegrasikan menjadi sumber tenaga. Mobil bergerak dengan salah satu sumber tenaga antara mesin bensin dan motor listrik, atau beroperasi bersama-sama, Ini adalah bentuk umum dari mobil hybrid.

Di sisi lain, ada pula mobil hybrid yang mesin bensinnya difungsikan untuk menghasilkan listrik melalui generator lalu energinya disimpan pada baterai. Baterai selanjutnya memberikan daya pada motor listrik untuk bergerak.

Mengapa Mobil Hybrid Lebih Diminati?

Kelebihan mobil hybrid salah satunya ramah lingkungan dibanding mobil bermesin bensin saja. Dana untuk membeli bahan bakar juga lebih irit dan jarak tempuhnya cenderung jauh. Hal ini membuat sebagian orang tertarik untuk memilikinya, apalagi sumber tenaganya tidak seluruhnya menggantungkan listrik seperti mobil listrik murni karena tetap memerlukan bensin yang bisa dibeli di SPBU.

Apa kelemahan mobil hybrid? Harga mobil hybrid di Indonesia cenderung tinggi bagi sebagian kalangan. Oleh sebab itu, pengguna mobil perlu mengeluarkan modal awal lebih tinggi untuk bisa memiliki mobil hybrid dan mendapatkan berbagai keuntungannya.

Rekomendasi Mobil Hybrid Indonesia Mulai Harga Rp200 Jutaan

Mobil hybrid Indonesia memiliki banyak pilihan. Kebanyakan kendaraan ini berasal dari pabrikan Jepang dan sebagian kecil dari China.

Pada Maret 2024 lalu setidaknya 3.803 unit mobil hybrid telah terjual menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Pemuncaknya yaitu Toyota Innova Zenix Hybrid sebanyak 1.872 unit. Dua merek lainnya adalah Toyota Yaris Cross Hybrid sebesar 542 unit dan Suzuki Ertiga Hybrid 528 unit.

Harga mobil hybrid di Indonesia sudah tersedia dengan banderol mulai Rp200 jutaan. Berikut daftar harga mobil hybrid Indonesia beserta sekilas spesifikasinya:

1. Suzuki XL7 Hybrid (mulai Rp283,9)

Suzuki XL7

Suzuki XL7. (FOTO/suzuki.co.id)

Suzuki XL7 Hybrid menjadi salah satu pilihan mobil hybrid termurah di Indonesia. Keunggulannya yaitu penggunaan satu liter bensin bisa digunakan mencapai jarak 19 kilometer dan mesinnya menyemburkan tenaga sampai 103hp dengan torsi 138Nm. Di dalamnya terdapat baterai lithium-in 10Ah 12V ditandem Integrated Starter Generator (IGS) dan fitur Auto Start/Stop.

2. Toyota Corolla Altis Hybrid (mulai Rp517 juta)

PELUNCURAN ALL NEW COROLLA ALTIS

Model berpose di samping mobil All New Corolla Altis saat jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pd.

Toyota Corolla Altis Hybrid memiliki mesin bensin bertenaga 98 PS dengan torsi 14,47kgm. Saat dipadu dengan motor listrik, penghematan konsumsi BBM diklaim mencapai 70 persen. Fitur unggulan lainnya adalah Toyota Safety Sense dan Electronic Parking Brake untuk mendukung keamanan berkendara.

3. Mitsubishi Outlander PHEV (mulai Rp890 juta)

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV 2022. (FOTO/mitsubishi-motors)

Mitsubishi Outlander PHEV memiliki kombinasi tenaga yang berasal dari motor elektrik dan mesin konvensional 2.0 liter. Baterai untuk motor elektriknya bisa diisi ulang dari listrik rumahan yang bisa terisi 80 persen memakai fast charging hanya dalam waktu 25-30 menit. Mobil berkonsep plug-in hybrid tersebut bertenaga 135 PS dengan torsi 221 Nm.

4. Nissan Kick E-Power (mulai Rp471 juta)

Nissan Kicks E Power

Nissan Kicks E Power. foto/https://nissan.co.id/vehicles/new/all-new-nissan-kicks-e-power.html?utm_source=i-DAC_SEM&utm_medium=paidsearch&utm_campaign=NissanKicks_Jul-Dec2022_SEM_Auction_Traffic_September&utm_content=Brand&gclid=CjwKCAjwvsqZBhAlEiwAqAHElYbsTu0c0oHVehOMFRRM-KpPbgtssOxDivLw-RLKGgVvEGiWAg-NhhoCh7oQAvD_BwE

Nissan Kick E-Power mempunyai desain elegan yang ditanam mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc, dipadu mesin elektrik . Dua sumber tenaga tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 112 HP dengan torsi puncak 260 Nm.

5. Wuling Almaz RS Pro Hybrid (mulai Rp442 juta)

Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid. foto/wuling

Wuling Almaz RS Pro Hybrid bisa menghemat pemakaian bahan bakar yang dapat menempuh jarak 19 meter hanya memakai 1 liter.

Dalam pengetesan memakai indikator Multi Information Display (MID), jarak tempuh tersebut lebih jauh lagi mencapai 23,2 per liter. Ada pun motor listriknya memiliki tiga pilihan berkendara yaitu EV Mode, Series Hybrid Mode, dan Parallel Hybrid Mode.

6. Suzuki Grand Vitara Hybrid (mulai Rp359,4 juta)

Suzuki

Tangkapan layar teaser mobil baru Suzuki yang akan diluncurkan di IIMS 2023. (suzuki.co.id)

Suzuki Grand Vitara Hybrid adalah mobil hybrid Indonesia terjangkau yang dibekali dengan mesin K15C 1,5-liter dual jet yang bertenaga 101,6 hp dengan torsi 136,8 Nm.

Baterainya memakai lithium-ion 10 Ah 12 V yang turut membantu menghemat penggunaan BBM di mesin bensin hingga 22 kilometer per liter. Fiturnya untuk berkendara cukup memadai seperti Paddle Shift, 6 Airbag, Electronic Stability Programme, 360 Degree Camera, hingga Smartphone Connectivity.

7. Toyota Innova Zenix Hybrid (mulai Rp477,6 juta)

Innova Hybrid Zenix EV

Innova Hybrid Zenix EV. foto/Toyota

Toyota Innova Zenix Hybrid adalah mobil hybrid yang memiliki mesin berkapasitas 1987 cc 4-silinder segaris, 4 valve, DOHC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 150 hp dengan torsi 187 Nm.

Mobil yang turut dipadu dengan sumber tenaga dari motor listrik ini memanfaatkan pengisian baterai saat melambat atau mengerem sehingga lebih mengoptimal pemakaian bahan bakar. Fitur keselamatannya memadai seperti SRS Airbag, Vehicle Stability Control, Blind Spot Monitoring, dan sebagainya.

8. Toyota Yaris Cross Hybrid (mulai Rp353,9 juta)

Toyota Yaris GR Sport 2024

Mobil Toyota Yaris GR Sport 2024. Foto/Dok. Toyota

Harga mobil hybrid di Indonesia lain yang terbilang murah adalah Toyota Yaris Cross Hybrid. Mobil ini ditanam mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc yang bisa menyemburkan tenaga sampai 67kW dan torsi 121 Nm. Suplai tenaga dari motor listriknya mencapai 59 kW dengan torsi 141 Nm.

9. Toyota Camry Hybrid (mulai Rp787,05 juta)

Toyota Camry
toyota camry foto/shutterstock

Toyota Camry Hybrid adalah kendaraan premium yang sudah dilengkapi fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), dan Pre Collision System. Tenaganya mencapai 178 PS dengan torsi 22,5 kgm melalui mesin bensin A25A-FXS, Hybrid, 4 silinder segaris. Desain bodinya tampak elegan dan futuristik.

10. Lexus ES 300h (mulai Rp1,22 miliar)

Lexus ES 300h mempunyai keunggulan dalam tenaga yang mencapai 202 HP dan torsi 213 Nm. Lexus memberikan fitur Self-Charging Hybrid System yang memungkinan mobil melakukan pengisian daya mandiri ketika kendaraan melaju, melambat, sampai berhenti. Tampilannya mewah seperti dilengkapi headlamp dan grill terbaru, serta mempunyai berbagai fitur keamanan.