News - Kegiatan cek khodam sedang populer di media sosial belakangan ini. Banyak orang tertarik mengetahui apa nama-nama khodam mereka, lengkap dengan wujud dan maknanya.

Informasi soal khodam itu bisa diketahui melalui platform onlineCek Khodam. Aplikasi tersebut memberi tahu jenis khodam setiap pengguna berdasarkan nama mereka.

Tentu nama-nama yang muncul di platform Cek Khodam tersebut berupa candaan seperti "Siput Kayang", "Buaya Ngesot", "Kura-Kura Sad Boy", dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu, khodam yang dipercaya dari sisi supranatural memang beragam. Menurut Nur Prabawa Wijaya dalam Master Khodam: Seni Berkomunikasi dengan Khodam Diri dan Orang Lain (2017) khodam adalah ego state.

Ego state adalah sistem perasaan dan pikiran individu yang berkaitan dengan pola-pola dan tingkah lakunya. Ego state diperoleh individu sesuai pengalaman dalam hidupnya.

Wijaya menjelaskan, bentuk kepribadian lain seseorang bisa bermacam-macam, ada yang baik hingga yang buruk. Kepribadian individu juga bisa tampil sebagai sosok malaikat, iblis, hingga hantu.