News - Nancy Wertheimer menghabiskan satu atau dua hari saban pekan untuk berkeliling Colorado, Amerika Serikat, menggunakan mobil Dodge Dart usang pada 1974 silam. Sebagai ahli epidemiologi pada Departemen Kesehatan, ia ditugaskan mencari tahu sebab terjadinya rentetan kematian karena wabah leukimia.

Wertheimer mengunjungi rumah atau tempat tinggal para korban dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari Biro Statistik Colorado.

Para korban tinggal di pelbagai jenis tempat, dari mulai rumah kecil, besar, terbuat dari kayu atau semen kokoh, sampai apartemen tingkat dua atau lebih. Mereka pun berasal dari kawasan bersih dan kumuh, keluarga kaya serta miskin. Ini menghilangkan asumsinya bahwa wabah terjadi gara-gara gaya hidup yang buruk.

"Saya melakukan ini, berkunjung ke tempat tinggal korban leukimia, untuk mencari pola tertentu," ujar Wertheimer. "Sayangnya, saya sama sekali tidak menemukan pola apa pun."

Namun Wertheimer, yang terbiasa dididik untuk melakukan observasi secara teliti nan berhati-hati oleh almamaternya, University of Michigan dan Harvard University, akhirnya "menemukan sesuatu yang tak biasa" dalam kunjungan ketiga atau keempat. Ia menyadari tempat tinggal para korban bersebelahan dengan tiang-tiang yang digantungi atau menjadi penyangga kabel listrik dan saluran telepon.