News - Skin minimalism telah menjadi tren di dunia kecantikan dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini mengutamakan penggunaan produk kecantikan yang lebih sedikit, namun lebih efektif. Dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas, banyak orang beralih ke rutinitas perawatan kulit yang lebih sederhana dan efisien.

Tren skin minimalism populer karena menawarkan solusi praktis bagi mereka yang ingin merawat kulit tanpa repot. Dengan berkurangnya jumlah produk yang digunakan, perawatan kulit menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, produk yang dipilih biasanya memiliki bahan-bahan yang lebih alami dan ramah lingkungan.

Lantas, apa itu skin minimalism? Untuk memahami seputar skin minimalism, simak penjelasan di bawah ini, mulai dari pengertiannya, manfaat skin minimalism, serta urutan skin minimalism.

Apa Itu Skin Minimalism

Dokter spesialis kulit Arini Astasari Widodo dalam situs Annesa menjelaskan bahwa skin minimalism adalah metode perawatan kulit dengan menggunakan produk skincare secara minimal.

Metode skin minimalism dilakukan karena menurutnya kulit memiliki kemampuan alami untuk memperbaiki serta meremajakan dirinya sendiri.

Selaras dengan hal itu, dokter Dia Febriani juga menuturkan bahwa skin minimalism menitikberatkan pada perawatan kulit dengan menggunakan produk yang sesuai kebutuhan.

Pasalnya, terlalu banyak menggunakan produk skincare tidak selalu membuat kulit menjadi lebih sehat, terutama bagi jenis kulit sensitif yang cenderung mudah mengalami iritasi.

Selaras dengan hal itu, Joanna Igielska Kalwat dan Ewa Kilian Pieta dalam jurnal berjudul Skin Minimalism-What is the New Beauty Trend (2023) menjelaskan bahwa skin minimalism bukan berarti mengurangi penggunaan kosmetik secara drastis.

Praktik skin minimalism mencoba membatasi perawatan dengan menggunakan produk yang paling penting. Hal itu dikarenakan terlalu banyak kosmetika dan sering berganti-ganti dapat mengakibatkan terjadi hiperaktivitas pada kulit. Para ahli telah lama mengatakan bahwa penggunaan kosmetik yang berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Manfaat Skin Minimalism

Telah banyak yang mengulas bahwa skin minimalism memiliki sejumlah manfaat untuk kulit dan lingkungan. Dilansir dari artikel “5 Benefits of a Simple Minimalist Skincare Routine” (2023) di situs Jenny Nordic Skincare, manfaat skin minimalism adalah sebagai berikut.

1. Mudah untuk merawat kulit secara konsisten

Saat hanya memiliki beberapa produk skincare, akan lebih mudah untuk menggunakan produk-produk tersebut secara benar dan konsisten. Pada dasarnya melakukan perawatan kulit terbaik adalah dengan rutinitas yang bisa dijalankan. Hal ini dikarenakan perawatan kulit terkait erat dengan konsistensinya.

2. Bisa fokus pada kualitas

Skin minimalism secara umum menitikberatkan pada kualitas, bukan kuantitas. Fokuslah pada perawatan mendasar, pembersihan yang lembut, hidrasi dan perlindungan. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan organik untuk menutrisi kulit dengan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya.

3. Lebih mudah mengenali kulit

Ketika hanya menggunakan beberapa produk, mengenali kondisi kulit akan menjadi jauh lebih mudah. Anda dapat dengan mudah mengenali produk mana yang cocok dan tidak cocok untuk kulit.

Dengan demikian, Anda akan lebih memahami bagaimana kulit merespons dan bereaksi terhadap produk baru, bahan, dan perubahan lingkungan.

4. Lebih baik untuk lingkungan

Rutinitas perawatan kulit minimalis membantu untuk menghemat pengeluaran, ruang penyimpanan di rumah, dan lingkungan. Pada dasarnya, semakin sedikit produk yang digunakan, maka rutinitas perawatan kulit Anda akan semakin ramah lingkungan.

5. Skin minimalism memiliki manfaat praktis dan juga efektif

Memiliki lebih banyak produk dalam rutinitas perawatan kulit tidak selalu berarti hasil yang lebih baik. Sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang multitasking dan multifungsi daripada produk dengan satu bahan saja.

Rutinitas perawatan kulit dengan beberapa produk berkualitas tinggi cenderung lebih efektif dibandingkan dengan rutinitas yang rumit dan berlapis-lapis. Dengan rutinitas yang sederhana, Anda lebih mungkin untuk konsisten menjalankannya setiap hari.

Urutan Skin Minimalism

Secara umum, produk yang digunakan dalam perawatan kulit minimalis adalah menggunakan produk skincare dasar yaitu pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya.

Selain itu, bisa juga menggunakan perawatan tambahan sederhana yakni serum dan produk eksfoliasi. Dilansir dari situs Watsons, berikut ini urutan skin minimalism untuk merawat kulit.

A. Urutan perawatan kulit pagi minimalis

  • Langkah 1: Pembersih

Bersihkan kulit dengan menggunakan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di kulit.
  • Langkah 2: Serum

Setelah membersihkan wajah, gunakan serum untuk masalah kulit spesifik. Serum memiliki formula yang berbeda dengan bahan-bahan yang sangat terkonsentrasi yang membantu menargetkan masalah kulit tertentu. Serum dapat dimanfaatkan untuk menghidrasi kulit sebagai pengganti pelembap dan mempertahankan kelembapan kulit.
  • Langkah 3: Tabir surya

Tabir surya adalah produk perawatan kulit anti-penuaan terbaik untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB yang berbahaya. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap pagi.

B. Urutan perawatan kulit malam minimalis

  • Langkah 1: Pembersih

Gunakan pembersih wajah untuk menghapus riasan dan membersihkan kulit dari kotoran dan minyak, sehingga mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat.
  • Langkah 2: Eksfoliator

Oleskan eksfoliator ringan seperti scrub wajah atau asam untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Sesuaikan frekuensi penggunaannya berdasarkan jenis kulit, biasanya satu atau dua kali seminggu.
  • Langkah 3: Serum

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk merawat kulit Anda. Pilih serum dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi seperti Vitamin C untuk mencerahkan, Retinol atau Peptida untuk anti-penuaan, atau serum khusus untuk jerawat. Serum ini akan meresap ke dalam kulit dan mengatasi masalah spesifik.
  • Langkah 4: Pelembap

Jangan lewatkan pelembap dalam rutinitas perawatan kulit. Pelembap sangat penting untuk memberikan hidrasi yang tahan lama. Temukan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, seperti krim kental untuk kulit kering, dan krim ringan untuk kulit berminyak, kombinasi, atau berjerawat.