News - Osteoporosis merupakan satu kondisi yang membuat tulang seseorang menjadi lemah, rapuh bahkan sangat rapuh dan jika terjadi tekanan ringan seperti membungkuk atau batuk dapat menyebabkan patah tulang.

Menurut situs Mayo Clinic, osteoporosis paling sering terjadi di pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus pecah dan diganti. Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak sejalan dengan hilangnya tulang lama.

Osteoporosis biasanya menyerang pria dan wanita dari semua ras. Tetapi wanita kulit putih dan Asia terutama yang telah melewati masa menopause lebih berisiko tinggi terkena penyakit ini. Selain itu, diet berlebih ternyata juga dapat menyebabkan seseorang terkena osteoporosis.

Gejala Osteoporosis

Saat seseorang mengalami osteoporosis biasanya jarang terdeteksi pada awalnya, bahkan sampai tidak menyadari tulangnya melemah atau patah. Tetapi, beberapa tanda dan gejala berikut ini bisa menunjukkan seseorang terkena osteoporosis seperti dilansir situs Health Line:

Gusi menyusut

Gusi yang tiba-tiba menyusut merupakan tanda yang bisa menandakan seseorang terdeteksi osteopororis, khususnya di sekitar rahang.

Kekuatan pegangan jadi lebih lemah

Kekuatan pegangan yang melemah biasanya akan dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang rendah. Seseorang yang genggamannya lemah akan rentan membuatnya terjatuh.

Kuku rapuh

Kekuatan kuku juga bisa menandakan kesehatan tulang seseorang. Beberapa faktor-faktor lain seperti berenang, berkebun, dan olahraga lain yang dapat memengaruhi kuku juga perlu dijauhi.

Selain beberapa gejala di atas, orang yang terkena osteopororsis bisa juga karena memiliki riwayat keluarga yang osteoporosis.