News - Peserta Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah 2024 wajib mengetahui mekanisme dan tata tertib asesmen. Seluruh peraturan asesmen tertuang dalam petunjuk teknis (juknis) yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Agama melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah 2024 akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama digelar untuk guru mata pelajaran umum, pengawas, dan kepala madrasah, sedangkan tahap kedua untuk guru mata pelajaran agama.

Asesmen tahap pertama berlangsung selama tiga hari pada 24-26 Juni 2024, sedangkan tahap kedua rencananya akan digelar pada Oktober 2024 mendatang.

Asesmen ini digelar sebagai bentuk penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah di Indonesia. Setidaknya ada dua kompetensi yang akan diukur dalam AKGTK Madrasah 2024, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Hasil asesmen ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi sekaligus acuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Salah satunya dengan cara menyusun kebijakan yang bisa mendorong adanya pengembangan keprofesian berkelanjutan.