News - Masjid Istiqlal Jakarta sudah menerima sebanyak 44 hewan kurban dalam pelaksanaan Iduladha 2024 kali ini. Jumlah ini, kata Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu masih bisa bertambah.

"Sampai saat ini hingga Minggu sudah masuk 44 hewan kurban. (Penyerahan hewan kurban), sampai hari ini saja, kita masih terima," kata Ismail saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (16/6/2024) dilansir dari Antara.

Ismail menyebutkan, jumlah ini belum termasuk hewan kurban yang diserahkan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Tidak termasuk sapi kurban dari Presiden dan Wapres dan masih terus berdatangan," ujar Ismail.

Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram, sementara sapi dari Wapres Ma'ruf Amin berjenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram.

Untuk pelaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah, H Martomo Malaing ditunjuk sebagai imam, sementara bertindak sebagai khotib adalah Prof. Dr. Amien Suyitno. Wapres Ma'ruf Amin juga direncanakan melakukan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal.

"Penyelenggaraan Shalat Idul Adha besok Senin dimulai jam 07.00 WIB dan akan dihadiri Bapak Wapres dan para menteri dan duta besar negara sahabat," kata Ismail.