News - Jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain. Kumpulan perangkat tersebut terhubung menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga memungkinkannya saling berbagi informasi dan program.

Tujuan utama pembentukan jaringan komputer adalah untuk membawa informasi dari pengirim (transmitter) ke penerima (receiver).

Sama seperti inovasi lain di bidang teknologi informasi dan komunikasi, terdapat segudang keuntungan yang diperoleh dari jaringan komputer.

Lantas apa saja manfaat dan kegunaan dari jaringan komputer dalam keseharian? Artikel ini akan mengulas manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, jenis-jenis, dan fungsinya.

Manfaat Jaringan Komputer dalam Sehari-hari

Sebagaimana disebutkan di atas, jaringan komputer bertujuan untuk memindahkan informasi dari pengirim ke penerima secara tepat. Jika tujuan tersebut terpenuhi dengan baik, jaringan komputer akan membawa manfaat yang cukup signifikan.

Secara lebih spesifik, berikut sejumlah manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pembagian sumber daya

Pembagian sumber daya bertujuan memudahkan penggunaan seluruh peralatan, program, atau peripheral lain. Manfaat ini akan dirasakan oleh setiap pengguna tanpa dipengaruhi oleh lokasi atau faktor lainnya.

2. Media komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan interaksi dan komunikasi antar-pengguna dengan cara telekonferensi. Contohnya dapat dilihat dalam proses pengiriman pesan atau informasi penting lain.

3. Integrasi data

Jaringan komputer memungkinkan data terintegrasi sehingga dapat diakses dan diolah oleh pengguna setiap saat. Hal ini dikarenakan jaringan komputer mampu mencegah perangkat komputer agar tidak terlalu bergantung pada komputer pusat. Setiap pemrosesan data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.

4. Pengembangan akses

Adanya jaringan data dapat memudahkan pengembangan peralatan sehingga dapat memangkas biaya pengeluaran. Sebagai misal, tanpa jaringan komputer, penggunaan cetakan (printer) hanya dapat terhubung pada satu komputer saja.

5. Pemeliharaan

Jaringan komputer juga memudahkan perawatan perangkat seperti diska keras (hardisk). Hal ini dikarenakan perlindungan terhadap serangan virus dipusatkan pada diska keras yang ada di komputer pusat. Dengan begitu, komputer lain akan otomatis menyesuaikan komputer pusat. Dengan demikian, pengguna tidak perlu memeriksa satu per satu diska keras di semua komputer.

6. Data terlindungi

Keamanan data lebih terjamin karena sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data.

7. Penggunaan sumber daya lebih efisien untuk memperoleh informasi terkini

Pemakaian sumber daya secara bersama-sama dapat menciptakan hasil optimal dengan kualitas yang tinggi. Data yang diakses juga merupakan informasi terkini karena perubahan apapun dapat segera diketahui oleh setiap pengguna.