News - DNA salmon kini menjadi tren perawatan kulit yang banyak dipilih oleh Masyarakat. DNA dari ikan Salmon dapat digunakan dalam berbagai bentuk produk kecantikan, seperti serum, krim, masker, dan injeksi.

Saat ini, semakin banyak konsumen skincare yang melek dengan fungsi hingga kandungan produk yang mereka gunakan. Sebenarnya kandungan DNA Salmon sebagai tren perawatan kulit bukanlah hal baru di dunia produk skincare. DNA Salmon sudah umum digunakan di Korea Selatan sejak beberapa tahun terakhir.

Di Indonesia sendiri, selain dengan metode injeksi, produk skincare yang mengklaim memiliki ekstrak DNA salmon juga sudah mulai bermunculan. Lantas apa manfaat dna salmon? Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dan manfaat DNA salmon untuk kecantikan.

Apa itu DNA Salmon?

Salmon Deoxyribonucleic Acid atau DNA Salmon adalah ekstrak yang diperoleh dari sperma ikan salmon. Ekstrak DNA Salmon kaya akan Polinukleotida (PDN) dan asam amino yang memiliki struktur mirip dengan DNA manusia.

Kandungan utama DNA salmon dalam produk skincare digunakan untuk meremajakan struktur kulit dan meningkatkan wajah glowing.

DNA salmon juga dapat dengan mudah disesuaikan dengan kulit manusia tanpa menyebabkan efek samping negatif. DNA salmon bekerja dengan memberikan manfaat untuk menghindari lapisan kulit yang menipis, menua, kendur, dan tidak merata warna.

Fungsi DNA Salmon untuk Kecantikan

DNA salmon memiliki beragam fungsi untuk kecantikan, seperti sifat antiinflamasi dan antioksidannya yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya.

Selain itu, sifat antiinflamasi pada DNA salmon berfungsi untuk mengurangi gejala peradangan pada kulit, seperti jerawat, kemerahan, dan iritasi. DNA salmon dapat digunakan untuk orang dengan kulit sensitif.

Selain sifat anti inflamasinya yang bagus, DNA salmon juga berfungsi mengontrol produksi minyak berlebih yang bisa menjadi penyebab jerawat.

Fungsi DNA Salmon adalah sebagai anti-aging atau anti-penuaan dini. Anti aging pada DNA salmon bekerja dengan cara merangsang perkembangan fibroblast pada kulit.

Dikutip laman Beauticate, fibroblast memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang mana dapat mengencangkan kulit dan juga meratakan tekstur kulit.

Manfaat DNA Salmon untuk Kecantikan

Dilansir laman UMSU, terdapat beberapa manfaat DNA salmon untuk kecantikan, di antaranya:

1. Mencegah dan mengurangi tanda penuaan dini

Kandungan hyaluronic acid di dalam DNA salmon membantu melembabkan, mencerahkan, dan meningkatkan elastisitas kulit. Hyaluronic acid dipercaya mampu menarik dan menahan air di dalam kulit, sehingga membantu menjaga kulit terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain mencegah penuaan dini, DNA Salmon juga dapat bermanfaat merangsang produksi asam hialuronat yang membantu menahan kadar air pada sel jaringan ikat kulit.

DNA Salmon mampu meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin. Penggunaan DNA salmon juga membuat kulit terasa lebih kencang dan bercahaya.

3. Mempercepat Regenerasi Kulit

Kandungan hyaluronic acid pada DNA Salmon juga berperan dalam mempercepat proses regenerasi kulit. Kandungan HA dapat memperbaiki kerusakan kulit dan menjadikan kulit yang lebih sehat.

Mekanisme kerja regenerasi kulit karena proteinnya yang dapat merangsang produksi kolagen dan elastin sehingga membantu menghaluskan kulit, mengencangkan kulit wajah, dan menyamarkan bopeng atau bekas luka jerawat.

4. Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Radiasi Matahari

DNA Salmon tak hanya merawat kulit dari dalam tetapi juga melindunginya dari paparan luar sinar matahari. DNA salmon dipercaya mampu mengatasi keluhan terjadinya penuaan dini akibat sinar matahari.

Ekstrak DNA salmon efektif menghambat 20% sinar UV A dan 90% sinar UV B. Ekstrak DNA dari ikan salmon memiliki kandungan polinukleotida (PDN) dan asam amino, sehingga mampu mengaktifkan protein p53 yang berfungsi memaksimalkan perlindungan sinar ultraviolet terhadap DNA dan sel-sel kulit.

5. membantu mencerahkan kulit

Manfaat DNA salmon selanjutnya yang juga menjadi favorit banyak orang adalah mencerahkan kulit. Kandungan peptide dalam DNA ikan salmon dapat merangsang terbentuknya kolagen pada kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih cerah dan awet muda.