News - Sabar merupakan sifat yang paling sering disebutkan dalam Al-Qur'an. Makna sabar kerap disebut sebagai cerminan sikap orang beriman yang senantiasa tabah dalam menghadapi cobaan, ujian, dan tantangan yang mengharuskan pengorbanan.

Arti sabar adalah sikap menahan diri atau membatasi jiwa dari keinginannya demi mencapai sesuatu yang baik atau lebih baik (luhur). Pengertian sikap sabar tersebut dijelaskan oleh M. Quraish Shihab sebagaimana dikutip dari Jurnal Ruhama Vol. 1 No. 1 (2018).

Perilaku sabar dapat dilihat saat seseorang berhadapan dengan cobaan atau ujian yang dihadapi dalam hidupnya. Bagi orang sabar, cobaan yang ditimpakan kepadanya akan dianggap sebagai cara Allah Swt. untuk menguji keimanan dan kemampuannya dalam menahan hawa nafsu.

Makna cobaan atau ujian dalam hidup bagi orang yang bersabar yakni wujud kasih sayang Allah Swt., sarana melatih kesabaran, serta peluang untuk belajar bersyukur. Dalam ajaran Islam, ujian mengajarkan manusia untuk menerima dan menjalani cobaan dengan kesabaran, rasa syukur, dan keyakinan bahwa Allah tahu apa yang terbaik.