News - Putra Presiden ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menyinggung sejarah keluarganya yang lekat dengan Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, setelah namanya dideklarasikan Partai Nasdem Jawa Barat di Bandung, Sabtu, untuk diusung maju di Pilkada Jabar 2024.

Ilham Habibie menyatakan meski dirinya tergolong wajah baru di kancah politik, dia menegaskan Bandung bukan wilayah baru baginya, karena dia dan keluarganya punya histori yang panjang di Kota Kembang. Hal inilah yang menjadi alasannya menerima pinangan untuk maju di Pilkada Jabar.

"Jadi kalau dibilang orang baru, iya dan tidak. Baru sebagai orang politik ya iya, tapi saya punya rumah di Bandung, semua anak saya pernah sekolah di Bandung, saya pernah kerja di sini di IPTN (PT DI), pernah ngajar di ITB, saya punya bisnis juga di sini, saudara juga banyak di sini,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Saya kira histori keluarga, orang tua saya juga besar di sini, sekolah di sini, setidaknya sebagian. Walau mungkin tidak seluruhnya, tapi Bandung dan beberapa bagian Jabar lainnya saya kenal," kata Ilham setelah deklarasi.

Ilham mengatakan ia punya mimpi untuk membuat Jawa Barat bisa maju dengan peningkatan sumber daya manusia yang implikasinya akan memperkuat sektor industri.

"Karena kalau kita lihat datanya, 50 persen industri di Indonesia ini ada di Jawa Barat. Itu bisa menjadi basis untuk kita buat maju ke depan. Kuncinya adalah SDM kita untuk menjadikan industri kita berjaya, di mana Jabar memiliki industri strategis seperti PT DI, Pindad, Dahana, LEN, Telkom, KAI,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Harus kita kembangkan industri lainnya, karena itu adalah kunci menuju Indonesia Emas. Jika industri kuat juga bisa menghadirkan lapangan kerja. Tapi tidak berarti sektor lainnya diabaikan," ucap Ilham.

Mengingat Pilkada Jabar sebentar lagi, Ilham mengatakan komunikasi politik selalu ia koordinasikan dengan Nasdem untuk mendongkrak potensi elektoralnya, sehingga target yang telah disiapkan bisa segera terkejar.

"Masih ada dua bulan lagi dari sekarang sampai pendaftaran. Jadi masih banyak waktu untuk meningkatkan elektoral. Saya koordinasi terus dengan partai," ucapnya.

Ketua DPW Partai Nasdem Jabar, Saan Mustopa, mengatakan Ilham Habibie telah mendapat surat rekomendasi dari Surya Paloh untuk bertarung pada kontestasi Pilkada di Tanah Pasundan.

"Untuk calon gubernur, kita berikan rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie. Dan itu sudah diberikan rekomendasinya, Kamis (6/6) lalu," ucap Saan.

Lebih lanjut, Saan mengatakan, sebelum memberikan rekomendasi kepada Ilham Habibie, Nasdem sempat menggodok sejumlah nama yang akan diusung di Pilkada Jabar.

Tapi setelah dilakukan kajian yang disebutnya berdasarkan kebutuhan masyarakat Jabar, Ilham Habibie akhirnya mencuat sebagai kandidat yang ideal untuk dicalonkan.

"Dari nama-nama yang ada, kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Jabar. Dan lebih pas diisi oleh Pak Ilham Habibie. Maka kita putuskan untuk mendukung Pak Ilham Habibie," tutur Saan.