News - Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan. Pengertian ini dirumuskan dalam Seminar dan Lokakarya Ikatan Ahli Geografi Indonesia pada 1988 di Semarang.

Di luar itu, banyak ragam definisi ilmu geografi ilmu geografi yang diungkapkan para ahli. Di antaranya meliputi ahli geografi Indonesia, R. Bintarto; Joseph E. Van Riper, melalui buku Man's Physical World (1971); Linda L. Greenow, lewat bukunya, World Geography (1995); serta Eratosthenes, bapak geografi dunia.

Ilmu geografi merupakan analisis sintesis terhadap fenomena geosfer. Maka itu, kajiannya mesti dilakukan dengan tiga pendekatan, yakni keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Tiga pendekatan ini menjadi ciri khas geografi yang tidak ada di ilmu lain.

Kajian terhadap fenomena geosfer ini tidak hanya menyentuh aspek fisik (alam), melainkan juga sosial (manusia). Lantas, apa saja aspek fisik dan sosial geografi?

Infografik SC Pendekatan Disiplin Geografi

Infografik SC Pendekatan Disiplin Geografi. News/Fuad

Macam-macam Aspek Sosial dan Fisik Geografi

Memahami aspek sosial dan aspek fisik geografi sangat penting untuk menghasilkan analisis komprehensif dalam kajian geosfer. Kedua aspek tersebut juga bisa dipilah menjadi beberapa macam. Merujuk pada Modul Geografi terbitan Kemendikbud, berikut ini macam-macam aspek sosial dan fisik dalam ilmu geografi beserta penjelasannya.

1. Aspek Fisik Geografi

Aspek fisik geografi terkait dengan semua fenomena geosfer yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Ia mencakup aspek kimiawi, biologis, astronomis dan semua fenomena alam yang dapat diamati secara langsung. Contohnya seperti sungai, laut, iklim, dan cuaca.

Macam-macam aspek fisik geografi meliputi:

  • Aspek topologi, yakni aspek yang terkait dengan bentuk permukaan bumi (morfologi), letak atau lokasi wilayah, luas dan batas-batasnya yang mempunyai ciri khas tertentu.
  • Aspek abiotik, yakni aspek yang berkaitan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi, dan iklim yang ada di suatu wilayah.
  • Aspek biotik, yakni aspek yang berkaitan dengan unsur tumbuhan, hewan dan manusia.

2. Aspek Sosial Geografi

Aspek sosial berkaitan dengan aktivitas dan pola hidup manusia (kebudayaan). Ia dapat meliputi aspek antropologis, politis, hingga ekonomis.

Dalam aspek sosial, manusia menjadi fokus utama dari kajian geografi. Analisis yang tertuju pada bagaimana pola penyebaran manusia dalam ruang. Keterkaitan antara perilaku manusia dengan lingkungannya juga menjadi fokus perhatian yang utama.

Macam-macam aspek sosial atau non fisik geografi adalah sebagai berikut:

  • Aspek sosial, yaitu aspek yang terkait dengan unsur yang terkandung dalam hubungan antar-manusia. Contoh aspek sosial geografi yakni tradisi, adat istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Aspek ekonomi, yaitu aspek geografi yang meliputi sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, perdagangan, transportasi, pasar dan kegiatan perekonomian lainnya.
  • Aspek budaya, yaitu aspek yang berkaitan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian
  • Aspek politik, yaitu aspek yang terkait dengan unsur pemerintahan yang berpengaruh di kehidupan masyarakat.