News - Polusi udara di Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah pemerintah daerah di Jabodetabek melakukan uji emisi, termasuk oleh di Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang, dengan beberapa titik lokasi.

Uji emisi kendaraan oleh Pemkab Bogor dan Pemkot Tangerang tidak dipungut biaya alias gratis. Uji emisi ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Mendagri Nomor 2 tahun 2023 tentang pengendalian polusi udara di daerah kawasan Jabodetabek.

Menurut Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Holid Mawardi, ada dua kategori hasil uji kendaraan yakni kendaraan lulus uji emisi dan tidak lulus uji emisi

"Bagi kendaraan yang lulus uji emisi akan diberikan sertifikat lulus uji emisi kendaraan dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), sementara yang tidak lulus kami imbau dan arahkan untuk melakukan pemeliharaan kendaraan,” ucapnya dikutip dari Antara beberapa waktu lalu.

Dengan adanya uji emisi kendaraan gratis, Holid mengajak masyarakat untuk segera melakukan uji emisi. "Bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang belum uji emisi kendaraan, kami adakan gratis,” ujarnya.