News - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah merilis pedoman pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 yang jatuh pada 20 Mei.

Informasi tersebut tertuang dalam Surat Nomor 1577/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2024 tentang Penyampaian Pedoman Penyelenggaraan Harkitnas ke-116 Tahun 2024. Dalam pedoman tersebut turut dipaparkan tujuan, tema, dan juga logo yang disertai contoh mockup design.

Pedoman tersebut utamanya ditujukan sebagai acuan penyelenggaraan kegiatan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional utamanya untuk tingkat daerah. Pelaksanaan di daerah dilakukan secara mandiri oleh panitia yang ditugaskan masing-masing instansi dengan tetap mengacu pada pedoman pemerintah.

Lantas apa tema yang diusung oleh pemerintah untuk peringatan Harkitnas tahun ini? Artikel ini akan informasi tentang Harkitnas 20 Mei 2024, mulai dari tema, tujuan hingga link unduhnya.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Seperti disinggung di atas, tema Hari Kebangkitan Nasional telah disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui surat resmi instansi yang dipublikasikan. Dalam surat tersebut, turut dipaparkan bahwa tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah “Bangkit Untuk Indonesia Emas”.

Tema tersebut sekaligus menyampaikan harapan agar peringatan Harkitnas 2024 dapat membawa nilai semangat dan kekuatan menuju Indonesia Emas 2045.

Indonesia Emas sendiri merupakan cita-cita yang diusung pemerintah, dengan tujuan untuk meningkatkan derajat bangsa Indonesia menjadi negara maju nan makmur di tahun 2045 dan mengoptimalkan kesempatan bonus demografi.

Tak hanya tema, dalam pedoman tersebut juga disebutkan macam kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk merayakan 116 tahun Harkitnas 2024, di antaranya sebagai berikut:

  1. Upacara bendera, disertai sesi menyanyikan lagu kebangsaan dan pembacaan naskah pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika dalam rangka 116 tahun Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.
  2. Publikasi dan dokumentasi media.
  3. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan di daerah masing-masing, umumnya dilakukan usai pelaksanaan upacara bendera di instansi masing-masing.
Adapun untuk pelaksanaan agenda Harkitnas 2024 di pusat dilaksanakan oleh masing-masing Lembaga Kementerian ataupun Non Kementerian. Pelaksanaan di luar negeri dilaksanakan di masing-masing KBRI/Konjen yang dikoordinir oleh Kementerian Luar Negeri.

Sementara untuk daerah, pelaksanaannya dapat dilakukan secara mandiri, instansi dapat membentuk panitia untuk menyusun acara dengan pedoman Kemkominfo sebagai acuan.

Tujuan Peringatan Harkitnas 2024

Tujuan dilaksanakannya peringatan 116 tahun Kebangkitan Nasional 2024 tak lain adalah untuk terus melestarikan, menumbuhkan, dan juga menguatkan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Ini juga menjadi ajang untuk mengingat kembali sejarah Hari Kebangkitan Nasional yang didasarkan pada pembentukan Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Dengan senantiasa ingat, jiwa nasionalisme akan tumbuh dan selalu ditanamkan dalam pelaksanaan pembangunan dan menegakkan demokrasi selalu dilandaskan pada moral dan etika berbangsa dan bernegara.

Ajang ini juga dapat dijadikan sarana untuk merekatkan tali persaudaraan antara masyarakat untuk memperlaju terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai NKRI.

Link Unduh Pedoman Peringatan Harkitnas 2024

Pedoman Peringatan Harkitnas ke-116 tahun 2024 yang dirilis Kemkominfo dapat diunduh melalui link berikut:

LINK UNDUH PEDOMAN PERINGATAN HARKITNAS 2024