News - Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024 untuk pegawainya.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan ini berlangsung mulai 2 Mei 2024-6 Juli 2024. Salah satu dokumen persyaratan yang harus diunggah adalah sertifikat UKBI.

Beasiswa ini merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bangsa melalui pendidikan lanjutan di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa Unggulan ini terdiri dari beberapa jenis, dua di antaranya adalah Beasiswa Unggulan untuk Pegawai Kementerian, dan Beasiswa Unggulan untuk Masyarakat Berprestasi.

Pendidikan lanjutan yang ditanggung oleh Beasiswa Unggulan mencakup perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. Kuota beasiswa ini terbatas, sehingga tidak semua pegawai bisa memperoleh beasiswa.

Hanya pelamar yang memenuhi syarat dan lolos seleksi yang berhak memperoleh Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek. Sementara itu, Beasiswa Unggulan untuk umum akan dibuka pendaftarannya kemudian.

Untuk benefit atau komponen pembiayaan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi di antaranya adalah:

  • Biaya pendidikan
  • Biaya hidup
  • Biaya buku
Sementara itu, benefit atau komponen pembiayaan Beasiswa Unggulan untuk Pegawai Kemdikbud Ristek, di antaranya adalah:

  • Biaya pendidikan
  • Biaya hidup
  • Biaya buku
  • Biaya penelitian – tunjangan awal kuliah
  • Transport tujuan studi PP

Apa Saja Materi dalam UKBI?

Materi UKBI meliputi empat kemahiran berbahasa, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Selain itu, UKBI mengujikan kaidah bahasa Indonesia.

Kelima materi tersebut disajikan ke dalam lima seksi pengujian, yaitu Seksi I Mendengarkan, Seksi II Merespons Kaidah, Seksi III Membaca, Seksi IV Menulis, dan Seksi V Berbicara.

Seksi I (Mendengarkan)

Mendengarkan wacana lisan dalam bentuk 4 dialog dan 4 monolog. Waktu pengerjaan maksimal 30 menit dengan soal 40.

Seksi II (Merespons Kaidah)

Berupa soal tertulis tentang kalimat yang direspons peserta dengan memilih opsi pengganti untuk bagian yang salah. Waktu maksimal 25 menit dengan jumlah soal 32.

Seksi III (Membaca)

Wacana tulis berjumlah 8 wacana di mana setiap wacana terdiri atas 5 butir soal. Waktu pengerjaan maksimal 45 Menit dan jumlah soal 40.

Seksi IV (Menulis)

Soal Menulis berupa tugas untuk mempresentasikan topik pada kalimat pemantik yang disertai gambar/infografik. Waktu untuk mengerjakan soal pertama selama 15 menit sebanyak 100 kata. Waktu untuk mengerjakan soal kedua selama 20 menit sebanyak 150 kata.

Seksi V (Berbicara)

Soal Berbicara berupa tugas untuk mempresentasikan topik pada kalimat pemantik yang disertai gambar/infografik. Waktu untuk mengerjakan soal pertama selama 10 menit: 7 menit persiapan, 3 menit perekaman. Kemudian waktu untuk mengerjakan soal kedua selama 15 menit: 8 menit persiapan, 7 menit perekaman.

Link Unduh Panduan UKBI untuk Beasiswa Unggulan

Pelamar bisa mengunduh panduan UKBI untuk Beasiswa Unggulan Kemendikburistek 2024 yang diterbitkan oleh penyelenggara.

Berikut link download Panduan UKBI Beasiswa Unggulan Kemendikburistek 2024 dalam format PDF:

Link Unduh Panduan UKBI untuk Beasiswa Unggulan