News - Pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 atau yang awalnya dikenal sebagai SBMPTN akan disiarkan melalui laman resmi BPPP Kemendikbud di portal pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id mulai tanggal 13 Juni 2024 jam 15.00 WIB.

Link pengumuman hasil SNBT 2024 juga dapat diakses melalui 40 link mirror masing-masing PTN, mulai dari laman mirror UGM di# sampai dengan laman mirror ITB di #.

Cek hasil lolos seleksi UTBK di laman tersebut untuk mengetahi pengumuman kelulusan SBMPTN 2024. Namun jika laman SNPMB pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id masih error atau belum bisa diakses, kemungkinan besar disebabkan karena belum tiba jadwal pengumuman.

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan salah satu syarat penting dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Bagi siswa yang telah mengikuti UTBK, mengecek hasilnya adalah langkah selanjutnya yang sangat dinantikan.

Artikel ini akan membahas cara cek hasil UTBK di situs resmi pengumuman SNBT di SNPMPB BPPP Kemendikbud dengan URL #.

Cara Cek Hasil SBMPTN 2024 dengan Mudah dan Cepat

Mengecek hasil SBMPTN 2024 adalah langkah penting bagi para peserta yang telah mengikuti UTBK SNBT. Berikut adalah panduan lengkap dan mudah untuk mengetahui hasil UTBK SNBT 2024.

Langkah-Langkah Mengecek Pengumuman Hasil SBMPTN 2024:

  1. Buka laman pengumuman resmi. Kunjungi situs resmi yang menyediakan pengumuman hasil UTBK SNBT melalui tautan berikut: # atau di #.
  2. Buka laman pengumuman SNBT 2024 di 40 link mirror.
  3. Masukkan nomor peserta. Di halaman utama, masukkan nomor pendaftaran atau nomor peserta SNBT 2024 pada kolom yang tersedia.
  4. Masukkan tanggal lahir. Isi kolom tanggal lahir sesuai dengan identitas yang telah didaftarkan sebelumnya.
  5. Klik "Lihat Hasil". Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol “Lihat Hasil” untuk mengetahui hasil SNBT 2024 Anda.
  6. Tampilkan hasil UTBK. Hasil UTBK SNBT 2024 akan muncul di layar.

Cara Melihat Nomor Peserta UTBK 2024 untuk Cek Hasil SNBT

Untuk melihat pengumuman hasil UTBK SNBT 2024, peserta seleksi harus menggunakan nomor pendaftaran peserta SNBT 2024.

  • Nomor pendaftaran peserta UTBK SNBT 2024 ini diperoleh setelah peserta selesai melakukan seluruh proses pendaftaran SNBT 2024.
  • Setelah peserta selesai melakukan seluruh proses pendaftaran atau finalisasi pendaftaran UTBK SNBT 2024, peserta akan mendapatkan kartu peserta SNBT 2024. Di kartu peserta itulah tercantum nomor pendaftaran peserta atau hanya disebut nomor peserta UTBK 2024.
  • Dalam kartu peserta SNBT 2024 tersebut, terdapat beberapa data, seperti: Nomor Peserta, Nama Siswa, Tanggal Lahir, NISN, Asal Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, Pilihan PTN dan Program Studi, dan Jadwal UTBK.
  • Cara melihat nomor peserta UTBK SNBT 2024 adalah dengan mengecek kartu peserta SNBT 2024 masing-masing yang terletak di bawah pas foto.

Berikut contoh kartu peserta UTBK SNBT, nomor peserta terletak di bagian bawah foto siswa, atau di atas nama peserta.

Kartu Peserta UTBK SNBT

Kartu Peserta UTBK SNBT. foto/SNPMB

Notifikasi Hasil UTBK SNBT 2024

  • Peserta yang Lolos: Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi: Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi UTBK-SNBT 2024 di [nama PTN] program studi [nama prodi].

  • Peserta yang Tidak Lolos: Bagi yang tidak lolos, notifikasi yang muncul adalah: Mohon maaf, peserta atas nama [nama peserta] dengan nomor peserta [nomor peserta] dinyatakan tidak diterima pada UTBK-SNBT 2024. Jangan putus asa dan tetap semangat.