News - Kalender pendidikan Tahun Ajaran (TA) 2023/2024 di berbagai provinsi Indonesia sudah tersedia link downloadnya.

Semua sekolah dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK memulai TA 2023/2024 di Juli 2023. Hari pertama masuk sekolah bisa berbeda satu provinsi dengan provinsi lainnya. Misalnya, banyak provinsi memulai hari pertama sekolah pada 10 Juli 2023, namun Provinsi Jawa Tengah baru mengawalinya 17 Juli 2023.

Kalender pendidikan membantu proses pembelajaran di sekolah dari awal sampai akhir tahun ajaran. Kalender pendidikan turut menjadi sarana menjadwalkan segala program yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.

Pengaturan waktu di dalam kalender mencakup kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran, meliputi permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, sampai hari libur.

Permulaan tahun ajaran baru yaitu waktu dimulainya kegiatan belajar pada awal semester. Minggu efektif belajar bermakna jumlah minggu kegiatan belajar pada tahun pelajaran baru. Selanjutnya, waktu pembelajaran efektif merupakan jumlah jam belajar di sekolah yang mencakup semua mata pelajaran.

Di samping jadwal pembelajaran, juga diberikan alokasi waktu libur. Waktu libur adalah waktu bebas dari kegiatan pembelajaran. Jenis libur bervariasi seperti jeda di tengah semester, jeda per semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur khusus keagamaan, hari libur nasional, dan hari libur khusus.

Kalender pendidikan dimungkinkan berbeda penyusunannya antardaerah di Indonesia. Oleh sebab itu, patokan kalender pendidikan di sebuah sekolah mengikuti jadwal yang dirilis Dinas Pendidikan setempat.