News - Pendaftaran seleksi Prakerja gelombang 68 dibuka mulai hari ini, Jumat, 17 Mei hingga Senin, 20 Mei 2024 pukul 23.59 WIB. Hasil seleksinya bisa dicek secara mandiri oleh peserta melalui link prakerja.go.id.

Pengumuman mengenai pembukaan program Prakerja gelombang 68 tahun 2024 itu diberitahukan kepada publik melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja.

“Gelombang seleksi Prakerja kembali dibuka. Segera klik tombol "Gabung Gelombang" di dashboard Prakerja kamu pada tab "Info Gelombang" sekarang juga! Untuk kamu yang belum memiliki akun Prakerja, segera buat secara mandiri di www.prakerja.go.id agar #JadiBisa ikut dalam gelombang seleksi ke-68 ini!,” dikutip Instagram @prakerja.go.id Jumat (17/5/2024).

Melihat pola seleksi gelombang terdahulu, program Prakerja setiap gelombangnya dibuka pada hari Jumat dan ditutup pada hari Senin. Selanjutnya, pengumuman disiarkan pada dua hari setelah penutupan pendaftaran alias setiap hari Rabu.

Berdasarkan pengamatan itu, jika tidak ada perubahan pola, pengumuman hasil Prakerja gelombang 68 diperkirakan akan segera diumumkan pada Rabu, 22 Mei 2024. Namun demikian, untuk memastikan jadwal pengumuman dan informasi lebih lanjut mengenai program Prakerja, peserta diharapkan memantau informasi melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang digelar untuk memfasilitasi masyarakat meningkatkan keterampilannya. Setiap peserta akan diberikan modal berupa saldo uang elektronik untuk membeli berbagai jenis pelatihan yang disediakan mitra lembaga pelatihan.

Kemudian, peserta yang telah menyelesaikan pelatihan akan memperoleh sertifikat dan insentif. Melansir laman resminya, insentif peserta dibagi menjadi dua jenis yaitu insentif biaya mencari kerja dan pengisian survei.

Insentif biaya mencari kerja diberikan sebanyak satu kali dengan nominal Rp600 ribu. Sementara itu, insentif pengisian survei diberikan sebesar Rp50 ribu, dengan pengisian survei paling banyak dua kali.

Cara Cek Pengumuman Prakerja Gelombang 68 Tahun 2024

Pengumuman prakerja gelombang 68 tahun 2024 bisa dicek secara langsung oleh masing-masing peserta seleksi melalui link resmi program Prakerja. Peserta seleksi dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengetahui pengumumannya.

  • Kunjungi laman # pada jadwal pengumuman yang telah ditentukan oleh penyelenggara;
  • Log in atau masuk kea kun Prakerja menggunakan e-mail dan password;
  • Masuk ke laman dashboard;
  • Peserta seleksi yang lolos akan mendapatkan pesan “Lolos” di dashboard. Sebaliknya, peserta seleksi yang tidak lolos akan menerima pemberitahuan “Kamu Belum Berhasil.
Selain mengetahui informasi pengumuman melalui link resminya, peserta seleksi juga akan menerima pesan pengumuman melalui SMS dan e-mail.

Peserta seleksi yang dinyatakan lolos nantinya akan menerima saldo Kartu Prakerja senilai Rp3,5 juta. Saldo yang diperoleh tersebut merupakan modal untuk membeli pelatihan. Saldo tersebut wajib dibelikan pelatihan pertama dalam waktu 15 hari kalender setelah pemberitahuan status sebagai penerima dikirimkan.

Apabila dalam kurun waktu 15 hari pendaftar tidak kunjung membeli dan mengikuti pelatihan, status penerimaan bisa dicabut dan tidak diperkenankan mengikuti seleksi gelombang berikutnya.