News - Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni, menuturkan, persiapan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah cukup matang. Salah satu aspek utama yang menjadi perhatian adalah kesiapan lapangan upacara yang ditargetkan rampung dalam waktu dekat.

Dia menjelaskan, pembangunan lapangan upacara yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan telah memasuki tahap akhir. Pemerintah terus mempercepat pembangunan untuk memastikan seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dapat siap digunakan.

“Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan lapangan upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan,” ujar Raja Juli dalam keterangan resmi, Rabu (10/7/2024).

Dengan realisasi pembangunan lapangan upacara yang sesuai target, Raja Juli optimis Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 di IKN yang menjadi momen bersejarah dapat terlaksana dengan lancar.

“Kami optimis proyek ini dapat siap dan dengan kualitas yang baik,” tutur dia.

Lebih lanjut, peringatan HUT Kemerdekaan yang ke-79 diharapkan dapat menjadi momentum yang membangkitkan semangat kebangsaan dan mempererat persatuan di antara seluruh rakyat Indonesia.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan sarana dan prasarana di Nusantara sudah mulai terbangun pada Juli ini. Pemerintah berfokus pada fasilitas yang akan digunakan dalam penyelenggaraan upacara HUT 17 Agustus mendatang, seperti kantor dan istana presiden.

"Insyaallah nanti pada Juli ini, sudah selesai. Jadi, kantor presiden, istana presiden, dan kantor-kantor menko yang empat lantai dan empat tower, tiga lantai sudah siap. Bahkan nanti, dipakai para petugas dan peserta upacara. Lapangan upacara yang sudah selesai," kata Basuki.

Basuki menjelaskan saat ini progres pembangunan tower yang akan digunakan oleh ASN sudah selesai sebagian dan dapat dihuni. Basuki juga menyebut ada 12 tower yang sudah selesai dan akan dihuni oleh para peserta upacara HUT Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Dari 47 tower ASN, 12 tower akan selesai furnished sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh peserta upacara," kata dia.

Selain itu, Basuki menyampaikan bahwa pada 15 Juli 2024, air layak minum sudah masuk ke IKN. Pihaknya akan melakukan pengecekan pada 19 Juli mendatang.