News - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menutup sementara operasional UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Lapkesda), karena tiga orang pegawai Lapkesda itu terkonfirmasi positif COVID-19.

"Selama tiga hari ke depan terhitung 7 Oktober 2020 Lapkesda tidak beroperasi," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (7/10/2020) dilansir dari Antara.

Ia mengatakan berdasarkan hasil swab kemarin, tiga orang pegawai Lapkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan positif terpapar COVID-19 dan untuk mengantisipasi penularan virus berbahaya itu, pemerintah provinsi menutup sementara layanan laboratorium itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono mengatakan akibat Labkes tidak beroperasional selama tiga hari, maka pengiriman sampel swab dan pengambilan swab juga ditiadakan.

"Laboratorium pemeriksaan PCR tetap beroperasi untuk menyelesaikan pemeriksaan sample swab yang sudah ada di Labkes Babel. Namun untuk sementara, diharapkan sampel swab dapat disimpan di tempat yang aman dan pastikan sampel swab tidak rusak," kata Mulyono.