News - Ketegangan antara China dan Filipina kembali terjadi. Hubungan kedua negara memanas usai bentrok antara Penjaga Pantai China dengan Tentara Filipina di Laut China Selatan baru-baru ini.

Bentrok antara penegak hukum dua negara di Laut China Selatan terjadi karena China ingin menghalau kapal Filipina di sekitar wilayah Second Thomas Shoal. Penjaga Pantai China mengklaim bahwa kapal Filipina melalui wilayah teritori negaranya.

Hal itu menyebabkan Penjaga Pantai China mengejar kapal Filipina dan menyerang mereka menggunakan senjata tajam. Serangan itu menyebabkan Tentara Filipina tak berkutik karena tak membawa persenjataan.

Kondisi ini dinilai pihak Filipina bahwa China berusaha mengganggu aktivitas pelayaran reguler negaranya. Tak hanya itu, negara-negara yang berkonflik dengan China terkait sengketa Laut China Selatan turut menyoroti masalah ini.

China sebelumnya mengumumkan bahwa negaranya mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Melansir The Guardian, batas wilayah China di Laut China Selatan berwujud sembilan garis putus-putus yang mana tumpang tindih dengan negara-negara sekitarnya.

Beberapa negara yang berbatasan dengan Laut China Selatan yang sempat bersengketa dengan China termasuk Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, Taiwan, dan Indonesia.