News - Maria Josephine Catherine Maramis alias Maria Walanda Maramis adalah pahlawan nasional dari Minahasa. Ia menghendaki kaum perempuan dari daerahnya maju dalam hal pendidikan.

Maria mempunyai banyak anak asuh dalam organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT) yang ia didirikan. Salah seorang anak asuhnya adalah putri dari Adriaan Thomas dan Nicolina Maramis yang bernama Marie Thomas.

Menurut Anna Pawlona Matuli-Walanda dalam Ibu Walanda-Maramis: Pejuang Wanita Minahasa (1983:37), Marie Thomas berasal dari Likupang, Minahasa Utara. ia lahir pada 17 Februari 1896. Orangtuanya adalah pegawai negeri di zaman kolonial. Pendidikannya lebih dari sekolah desa tiga tahun yang hanya paham baca tulis. Marie, menurut catatan Ensikopedia Umum (1973:1324) yang disusun AG Pringgodigdo dkk, merupakan lulusan Meisjesschool (sekolah gadis) di Yogyakarta pada 1912.

Setelah itu, ia melanjutkan ke School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal sebagai Sekolah Dokter Jawa di Batavia. Sekolah ini banyak melahirkan tokoh pergerakan nasional, seperti Soetomo, Cipto Mangunkusumo, Wahidin Sudirohusodo, dan lain-lain.