News - Contoh teks khutbah Jumat setelah Idul Adha kali ini akan membahas tentang "Keutamaan Bulan Dzulhijjah" atau bulan haji yang masih akan berlangsung hingga bulan Juli 2024 mendatang.

Mayoritas penduduk Indonesia telah merayakan Hari Raya Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024 lalu. Meskipun hari nahar telah berlalu, bulan Dzulhijjah masih belum selesai. Oleh sebab itu, kaum muslim seyogianya tetap meningkatkan takwa dengan memperbanyak amalan terpuji.

Umat Islam juga dapat mengambil hikmah dari berbagai amalan-amalan yang telah dikerjakan kaum muslim di bulan Zulhijah seperti haji ke baitullah, menyembelih hewan kurban, dan sebagainya. Sebagai contoh, ibadah haji mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. dengan menjemput panggilan ilahi sekaligus memenuhi rukun Islam yang terakhir.

Banyak hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan rukun-rukun dalam ibadah haji. Selain itu, dalam ibadah kurban, manusia diajarkan bahwa seluruh harta yang dimiliki, hakikatnya adalah titipan Allah Swt. Mereka harus ikhlas apabila sewaktu-waktu harta-harta itu diambil maupun harus dikorbankan, terlebih untuk kebaikan.