News - Ada beragam contoh energi alternatif yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti listrik tenaga surya, angin, dan air. Lantas, apa keuntungan energi alternatif? Apakah ada kelemahannya?

Energi alternatif merupakan semua sumber energi yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Semua sumber energi yang terbaharui termasuk dalam sumber energi alternatif.

Sumber energi alternatif itu sendiri dapat diperoleh dari panas matahari (tenaga surya), hidroelektrik (air), energi ombak, panas bumi, angin, dan sebagainya. Semua sumber energi yang dapat dengan cepat diperbaharui kembali oleh alam karena adanya proses yang berkelanjutan disebut sebagai sumber energi alternatif.

Tujuan dan manfaat energi alternatif adalah sebagai pengganti bahan bakar konvensional yaitu untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat hasil sisa dari pembakaran bahan bakar. Sebab, energi konvensional biasanya menggunakan bahan tambang seperti batubara dan nikel memiliki banyak dampak negatif.

Beberapa dampak penggunaan energi konvensional secara terus-menerus adalah pemanasan global, kekeringan, penipisan lapisan ozon, serta punahnya flora dan fauna.