News - Sebelum membeli Honda Genio, pastikan untuk mengetahui perbedaan Genio CBS dan ISS. Kedua tipe motor Genio CBS ISS 2024 produksi Honda tersebut, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan mengetahui apa perbedaan Genio CDB dan ISS, akan membuat keputusan menjadi tepat, karena membeli sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lantas, apa saja perbedaan Honda Genio CBS dan ISS ini?

Fitur-fitur yang Membedakan Genio CBS dan ISS

Perlu Anda ketahui bahwa Honda Genio hanya ada dua tipe, yaitu Genio CBS dan Genio CBS ISS. Perbedaan Genio CBS dan CBS ISS ini berhubungan dengan fitur-fitur teknologi yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan penggunanya saat berkendara.

Agar mendapat gambaran, berikut ini akan dijabarkan, perbedaan Genio CBS dan CBS ISS:

1. Fitur ISS

Perbedaan motor Genio CBS dan ISS yang paling signifikan adalah pada fitur ISS.

Genio CBS dan Genio CBS ISS, sama-sama memiliki fitur CBS (Combi Brake System). Ini merupakan fitur pengereman yang akan mengaktifkan fungsi rem depan dan belakang hanya dengan menarik tuas rem kiri.

Namun, khusus untuk Genio CBS ISS, fiturnya dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System). Dengan fitur ini, mesin akan mati secara otomatis bila motor berhenti dalam waktu tertentu.

Biasanya, mesin akan mati saat motor berhenti dalam waktu tiga detik atau lebih, atau saat motor berhenti dan posisi handle gas tertutup penuh.

2. Pilihan warna

Perbedaan Genio CBS dan ISS adalah Genio CBS 2024 variasi warna nya lebih sedikit dibandingkan Genio CBS ISS 2024.

Genio CBS memiliki lima pilihan warna yang secara umum berwarna glossy. Warna-warna itu adalah, Smart Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Silver, dan Smart White Blue.

Sementara itu, Genio CBS ISS memiliki enam variasi warna yang secara umum berwarna doff. Warna-warna itu adalah Fabulous Matte Black, Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue dan Trendy White Red.

3. Perbedaan pada cover CVT

CVT adalah Continuously Variable Transmission. Fitur ini membuat tarikan motor lebih ringan. Pada Genio CBS, cover CVT berwarna hitam, sementara pada Genio CBS ISS, cover CVT berwarna silver dengan kombinasi hitam.

4. Kapasitas aki

Perbedan Honda Genio CBS dan ISS adalah pada kapasitas aki. Genio CBS 2024 memiliki kapasitas aki 3Ah.

Sementara itu, karena Genio CBS ISS 2024 memiliki fitur ISS, maka Genio CBS ISS menggunakan aki dengan kapasitas 5Ah.

5. Perbedaan bobot

Perbedaan motor Genio CBS dan ISS adalah pada bobotnya yang dihitung dari berat bersihnya, ketika motor tidak diisi bahan bakar.

Bobot bersih Genio CBS kurang lebih ada pada kisaran 92 kg, sementara bobot bersih Genio CBS ISS ada di kisaran 93 kg.

6. Desain stiker

Perbedaan Genio CBS dan CBS ISS yang tampak sangat jelas adalah pada desain stiker dari skutermatik ini. Pada Genio CBS ISS, terdapat stiker bertuliskan Genio pada bagian bodi samping belakang. Sementara pada Genio CBS, stiker bertuliskan Genio terletak di kedua sisi belakang bodi motor.

7. Harga yang berbeda

Apa perbedaan Genio CBS dan ISS yang cukup signifikan? Perbedaan di antara keduanya yang paling terasa, tentu pada harga dari skutermatik ini.

Dengan tambahan fitur ISS, maka Genio CBS ISS tentu harganya akan lebih tinggi dibandingkan Genio CBS. Dilansir dari laman Honda, Genio CBS dibanderol dengan harga Rp19.291.000 dan Honda Genio CBS ISS dibanderol dengan harga Rp19.911.000.

Pengaruh Perbedaan CBS dan ISS ke Kinerja Motor

Lantas, bagaimana perbedaan Genio CBS dan ISS ini berpengaruh terhadap kinerja motor?

Perbedaan yang paling signifikan dari Genio CBS dan Genio CBS ISS adalah pada teknologi ISS atau Idling Stop System.

Dengan teknologi ISS ini, maka sistem akan mematikan mesin secara otomatis, ketika motor berhenti sejenak atau ketika berhenti di lampu merah.

Dengan teknologi ISS ini, maka konsumsi pemakaian bahan bakar pada motor akan lebih irit dan efisien. Akibatnya emisi gas buang dari motor juga akan semakin turun.

Jika penggunaan bahan bakar lebih efisien, maka kinerja mesin juga akan semakin efisien. Performa kendaraan beroda dua milik Anda ini juga akan semakin baik.

Ditambah lagi, pengeluaran untuk post BBM akan semakin berkurang, dan ketika menghemat bahan bakar, maka aktivitas Anda dengan skuter matic juga akan semakin ramah lingkungan.

Spesifikasi Honda Genio 2024

Setelah mengetahui perbedaan Genio CBS dan ISS secara signifikan, maka Anda juga perlu tahu spesifikasi Genio CBS 2024 dan spesifikasi Genio CBS ISS 2024.

Kedua skuter matic ini memiliki dimensi bodi berukuran panjang 1869 mm, lebar 692 mm dan tinggi 1061 mm. Selain itu, tinggi tempat duduk skuter matic ini adalah 740 mm.

Dengan dimensi bodi dan tinggi tempat duduk seperti itu, membuat Honda Genio pada kedua tipe ini terasa nyaman bila digunakan oleh perempuan atau orang bertubuh relatif kecil.

Apalagi bobot bersih skuter matic yang memiliki kapasitas tangki BBM 4,2 liter ini hanya sekitar 89 kg untuk CBS dan 90 kg untuk CBS ISS. Ini tentu membuat, skuter matic ini lebih ringan dan lebih gampang digunakan oleh para pemula.

Dari penampakan, varian CBS ISS tampak lebih stylish dengan tambahan striping yang semakin menguatkan kesan retro. Selain itu pada pilihan warna Fabulous Matte di CBS ISS, pilihan warna jok juga ditambah dengan pilihan warna cokelat yang membuatnya semakin terasa elegan.

Genio CBS memiliki lima pilihan warna glossy, yaitu Smart Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Silver, dan Smart White Blue. Lalu, Genio CBS ISS memiliki enam variasi warna doff, yaitu Fabulous Matte Black, Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue dan Trendy White Red.

Untuk spesifikasi lainnya, berikut akan dijabarkan secara lebih detail, sebagaimana dilansir dari laman Honda:

Mesin

  • Tipe Mesin: 4 – Langkah, SOHC, eSP
  • Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
  • Diameter X Langkah: 47,0 x 63,1 mm
  • Tipe Transmisi: Automatic, V-Matic
  • Rasio Kompresi: 10,0 : 1
  • Daya Maksimum: 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
  • Tipe Starter: Elektrik dan Kick Starter
  • Tipe Kopling: Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Rangka dan Kaki-Kaki

  • Tipe Rangka: Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
  • Tipe Suspensi Depan: Telescopic
  • Tipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
  • Ukuran Ban Depan: 80/90 – 14 M/C Tubeless
  • Ukuran Ban Belakang: 90/90 – 14 M/C Tubeless
  • Rem Depan: Cakram Hidrolik Piston Tunggal
  • Rem Belakang: Tromol
  • Sistem Pengereman: Combi Brake System

Kelistrikan

  • Tipe Baterai Atau Aki: MF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS )
  • Sistem Pengapian: Full Transistorized
  • Tipe Busi: NGK MR9C-9N