News - Kulit kering adalah kondisi kulit yang terasa kasar, bersisik, pecah-pecah, bahkan bisa mengelupas. Kulit kering disebut juga dengan xerosis atau xeroderma dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk wajah.

Secara normal, kulit bagian terluar memiliki minyak alami yang bisa mengikat air sehingga kulit menjadi lembab dan terasa lembut. Apabila minyak alami ini menghilang (misalnya karena terlalu sering mandi), maka kulit juga akan kehilangan kelembabannya sehingga menjadi lebih kering.

Kebanyakankulit keringtidak menimbulkan gangguan kesehatan serius, tapi cukup mengganggu penampilan. Karena itu, Anda perlu tahu penyebab serta bagaimana cara mengatasinya agar kulit tetap cantik dan sehat.

Penyebab kulit kering

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kulit kering. Berikut beberapa penyebabnya dikutip dariMayo Clinic:

1. Panas

Kondisi udara yang panas bisa mengurangi kelembaban kulit, termasuk berada di ruangan yang dilengkapi pemanas atau berada di dekat sumber api terbuka seperti perapian.

2. Lingkungan dingin

Berada di tempat yang dingin dan berangin juga bisa menyebabkan xerosis, apalagi jika udaranya kering atau memiliki tingkat kelembaban yang rendah.

3. Terlalu sering mandi dan scrubbing

Scrubbingatau menggosok kulit dan mandi terlalu lama dengan air bersuhu tinggi bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Mandi lebih dari satu kali sehari bisa menghilangkan minyak dan membuat kulit kehilangan kelembabannya.

4. Sabun yang terlalu keras

Ada beberapa jenis sabun yang memang diformulasikan khusus untuk menghilangkan minyak pada kulit. Jika komposisinya terlalu keras dan dipakai berlebihan, maka kulit akan menjadi sangat kering.

5. Faktor usia

Semakin bertambah usia, maka kulit akan semakin tipis dan memproduksi minyak lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh kulit untuk menahan air.

6. Penyakit tertentu

Kulit kering bisa jadi gejala suatu penyakit, misalnya dermatitis atopik (eczema) dan psoriasis.

7. Obat-obatan

Seseorang yang menjalani pengobatan untuk kanker atau mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengalami kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering

Kulit kering dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah. Mulai dari tips mandi yang benar hingga mengatur kelembaban ruangan, berikut cara mengatasi kulit kering seperti dilansir dariAmerican Academy of Dermatology Association:

1. Mandi dengan benar

Mandi, baik dengan berendam maupun memakai shower, sebenarnya bisa mengurangi kelembaban kulit. Untuk mencegah hal ini, ikuti tips berikut:

  • Pastikan pintu kamar mandi tertutup.
  • Gunakan air hangat dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.
  • Batasi waktu mandi maksimal 10 menit.
  • Gunakan sabun yang ringan, lembut, dan bebas pewangi.
  • Pakai sabun secukupnya untuk menghilangkan kotoran, jangan berlebihan hingga mengeluarkan busa tebal.
2. Pakai moisturizer

Segera oleskan moisturizersetelah mandi. Moisturizerakan mengunci kelembaban di dalam kulit sehingga mencegah terjadinya kulit kering. Tak hanya selesai mandi, gunakan moisturizersetelah Anda mencuci muka atau tangan.

3. Pilih moisturizer yang tepat

Ada beberapa pilihan moisturizeruntuk melembabkan kulit, mulai dari ointment(salep), krim, hingga lotion. Pilihlah moisturizerdalam bentuk ointmentdan krim karena lebih efektif dalam menjaga kelembaban kulit.

Perhatikan pula komposisinya dan pastikan moisturizerAnda mengandung bahan-bahan seperti minyak jojoba, petrolatum, glycerin, hyaluronic acid, dimethicone, lanolin, atau shea butter.

Dibandingkan ointmentdan krim, lotionmengandung lebih banyak air dan konsistensinya lebih ringan. Lotionlebih cocok digunakan untuk kulit berminyak ketimbang kulit kering.

4. Pakai lip balm

Bibir juga butuh pelembab agar tidak kering dan pecah-pecah. Gunakan lip balm setiap hari agar bibir terlihat lebih lembab dan sehat.

5. Pilih skincare yang tepat

Skincareatau perawatan kulit menjadi salah satu kunci untuk mengatasi kulit kering. Gunakan skincareyang memang khusus untuk kulit yang kering dan sensitif serta pilihlah produk berlabel fragrance freeyang berarti bebas parfum/pewangi. Selain bebas pewangi, hindari pula skincareyang mengandung alkohol, alpha-hydroxy acid (AHA), dan retinoid.

Jika menemukan skincaredengan label unscented, produk tersebut berarti menggunakan bahan kimia yang bisa menetralkan atau menyembunyikan aroma dari skincaretersebut. Jangan pilih produk seperti ini karena justru akan membuat iritasi pada kulit yang kering dan sensitif.

6. Gunakan sarung tangan

Memakai sarung tangan bisa mencegah kulit menjadi kering, terutama bila Anda sedang berada ditempat yang dingin dan berudara kering.

7. Pilih pakaian dan deterjen yang aman bagi kulit

Pilihlah pakaian yang lembut dan terbuat dari kain katun atau sutra agar terasa nyaman di kulit. Saat mencuci baju, gunakan deterjen yang berlabel hypoallergenicagar aman dan tidak menyebabkan iritasi.

8. Jauhi sumber api

Berada di dekat sumber panas seperti perapian bisa membuat kulit menjadi kering. Hindari duduk terlalu dekat dengan sumber api terbuka atau sumber panas lainnya agar kulit tidak kehilangan kelembabannya.

9. Pakai humidifier

Humidifieradalah alat yang bisa menyemprotkan uap air untuk menjaga kelembaban udara dalam suatu ruangan. Humidifiercocok untuk rumah di lingkungan yang terlalu dingin, berudara kering, atau memiliki pemanas.