News - AC atau air conditioner adalah alat yang membantu suhu serta kelembaban di suatu area menjadi stabil. Alat yang dalam istilah bahasa Indonesia disebut penyejuk udara tersebut umumnya dipasang di ruangan-ruangan pada daerah bersuhu panas.

Di ruangan-ruangan yang minim sirkulasi udara, AC sangat berguna untuk membuat udara tetap bersih dan juga mengurangi suhu udara panas di tempat tersebut. Oleh karenanya, AC sering digunakan di berbagai tempat seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, hingga sekolah yang membutuhkan udara bersih guna menjaga kesehatan orang-orang yang beraktivitas di dalamnya.

Kebanyakan masyarakat mengetahui fungsi AC hanya sebagai pengatur suhu udara, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya fungsi AC bukan hanya itu saja melainkan juga menjaga kelembaban dan membersihkan serta meningkatkan kualitas udara.

Dengan fungsi yang cukup membantu untuk kenyamanan serta kesehatan, keberadaan AC tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian orang namun hanya sedikit yang memiliki pengetahuan mengenai cara merawat penyejuk udara tersebut.

Padahal dengan mengetahui cara perawatannya, usia pemakaian AC juga akan lebih lama serta bisa meminimalisir biaya untuk perbaikannya.

Cara Merawat AC Sendiri di Rumah

Melansir dari situs Mitsubishi Electric, terdapat lima cara merawat AC yang bisa dilakukan sendiri demi mengurangi risiko membawanya ke tempat servis dan berikut adalah langkah-langkah tersebut:

1. Bersihkan kondensor

Membersihkan AC bagian dalam saja tidaklah cukup karena kondensor yang ada di luar ruangan juga berperan penting dalam memberikan udara segar ke dalam ruangan. Kondensor juga lebih mudah kotor dengan adanya debu dan kotoran yang menyumbat sirip pendinginnya.

Sirip pendingin yang tersumbat akan menyebabkan AC bekerja tidak maksimal dalam memberikan udara baru ke dalam ruangan. Cara membersihkannya juga cukup mudah yakni dengan menggunakan sikat lembut atau mesin vakum di sirip pendinginnya.

2. Memeriksa evaporator

Fungsi evaporator adalah untuk menyerap hawa panas di dalam ruangan. Evaporator AC tidak akan berfungsi dengan benar ketika udara sejuk yang dihembuskan menjadi lebih sedikit atau bahkan tidak ada.

Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tempat servis jika hal tersebut terjadi. Cukup periksa dan bersihkan evaporator dengan kain basah terlebih dahulu agar AC bisa berfungsi seperti sedia kala.

3. Memeriksa freon

Freon merupakan komponen pendingin dalam AC. AC yang kekurangan freon akan bekerja tidak maksimal sehingga ada baiknya untuk selalu periksa secara berkala dan bila perlu bawa ke teknisi agar freonnya bisa diisi ulang.

4. Bersihkan penyaring

Penyaring yang kotor selain memengaruhi kinerja AC juga akan berdampak pada biaya listrik. Oleh karenanya, membersihkan penyaring secara rutin adalah hal yang harus dilakukan.

Jika lingkungan Anda udaranya masih bersih dan tidak terlalu berdebu, maka bersihkan secara berkala minimal satu bulan sekali. Namun apabila kondisi lingkungan Anda cukup kotor dan juga banyak pasir serta debu, maka bersihkan minimal dua minggu sekali.

5. Matikan AC saat tidak diperlukan

Menggunakan AC hanya saat diperlukan akan memperpanjang usia pakai dari penyejuk udara tersebut. Selain itu, biaya konsumsi listrik akan lebih irit. Oleh karenanya, selalu matikan AC jika tidak diperlukan dan cabut sambungan listriknya saat Anda akan bepergian.