News - Rasa minder dan tidak percaya diri dapat dialami siapa pun. Kedua sikap ini bisa menimbulkan pengaruh negatif dalam kehidupan seseorang. Misalnya, dia terganggu dalam pekerjaan, jalinan sosial, hingga proses pembelajaran.

Orang yang memiliki masalah dengan sikap minder dan tidak percaya diri umumnya memiliki keraguan terhadap kemampuan mereka sendiri. Di sisi lain, semua keraguan dan ketakutan yang muncul kadang tidak memiliki dasar alasan yang kuat. Jika kedua sikap ini tidak segera diatasi, maka bisa memiliki efek negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Pengertian percaya diri dan harga diri

Kepercayaan diri merupakan bentuk keyakinan seseorang terhadap diri sendiri beserta kemampuan dan gagasan-gagasan yang dimiliki. Situs Medical News Todaymenjelaskan, orang-orang yang percaya diri umumnya mampu memahami dan menerima apa pun yang ada dalam diri sendiri apa adanya. Dia tidak terlalu mengkhawatirkan pendapat orang lain atas dirinya.

Di sisi lain, orang yang minder mengalami masalah pada harga dirinya. National Alliance on Mental Illness (NAMI) menjelaskan harga diri sebagai cara pandang seseorang terhadap diri mereka sendiri. Di dalamnya meliputi pula perasaan seseorang dalam menilai diri sendiri dan apa yang dilakukannya.

Minder dan percaya diri saling berkaitan. Di satu sisi, orang bisa saja memiliki kepercayaan diri yang kuat terhadap sesuatu. Namun, ketika dia minder atau sedang rendah harga dirinya, maka dia cenderung memandang dirinya secara negatif dan tidak yakin dengan kemampuannya.

Cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri

Minder dan tidak percaya diri mesti diatasi sesegera mungkin. Dampak buruknya bisa meluas ke setiap aspek kehidupan seseorang. Dirinya dapat mengalami kendala kesehatan fisik dan mental, termasuk sisi emosional menjadi labil sehingga mengganggu aktivitas.

Cara mengatasi minder dan tidak percaya diri tidak bisa diubah dalam satu malam. Diperlukan berbagai upaya yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga perlahan seseorang menghargai dirinya sendiri dan yakin dengan kemampuan.

Beberapa cara yang dapat ditempuh sebagai berikut:

1. Tegaskan bahwa diri sendiri sangat bernilai

Mengutip Healthline, langkah untuk menghormati diri sendiri dengan menganggapnya bernilai, bisa membantu seseorang lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki ketimbang kekurangan yang ada.

Jika perlu, catat semua hal yang telah dilakukan dengan benar sebagai penyemangat bahwa ada nilai di sana. Misalnya momen saat membantu tetangga, menolong orang yang kesusahan, dan sebagainya.

2. Penuhi semua kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu

Sebelum memperhatikan kebutuhan orang lain, pastikan kebutuhan diri sendiri sudah dipenuhi. Contohnya yaitu mendapatkan pijatan saat lelah, melakukan olahraga favorit, memanjakan diri dengan makanan, atau berbicara pada diri sendiri dengan obrolan positif. Dengan begitu, seseorang dapat membangun harga diri dan melawan berbagai pikiran negatif atas dirinya.

3. Tertawakan rasa canggung yang menghinggapi diri sendiri

Jika canggung telah memunculkan sikap rendah diri dan tidak percaya diri, artinya kini waktunya menertawakan kedua. Anggap semua itu hanya bentuk lelucon, lalu tanggalkan dari pikiran.

4. Hadapi pikiran negatif yang datang

Minder dan tidak percaya diri sering datang akibat muncul pikiran negatif yang justru dibuat diri sendiri. Inilah waktunya untuk menantang semua itu sehingga tidak terjebak dalam siklus negatif dari rasa malu dan membenci diri sendiri.

Contoh melawan pikiran negatif yaitu menuliskan semua pikiran negatif yang datang. Setelah itu, pahami dan lakukan berbagai upaya untuk membalikkan keadaan dari hal negatif menjadi positif untuk diri sendiri.

5. Jauhi berbagai hal yang dapat melemahkan harga diri

Jika lingkaran pertemanan justru semakin menyudutkan diri sendiri untuk lebih minder dan merasa tidak percaya diri, ada baiknya segera menjauhi. Dekati orang-orang atau situasi yang bisa menumbuhkan kembali harga diri dan kepercayaan diri.