News - Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Abdul Muis, menuturkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini dipasok sebanyak 330 ribu ton kebutuhan besi dan baja hingga akhir 2024.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut kalkulasi kebutuhan besi dan baja akan mencapai 400 hingga 700 ribu ton.

"Kalau khusus IKN dari 2023 sampai 2024 ini kita kalkulasi sekitar 330 ribu ton yang kita butuhkan sampai akhir Desember nanti. Kalau estimasi Pak Menko Airlangga 400-700 ribu ton," ungkap Abdul usai acara Seminar Nasional dan Pameran Rantai Pasok Konstruksi Baja, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Kebutuhan konstruksi besi dan baja dalam pembangunan proyek IKN dipasok seluruhnya dari dalam negeri. Hal ini juga didorong melalui peraturan di Kementerian PUPR yang sudah memperketat impor.

"Semuanya dalam negeri. Kita sekarang menggalakkan harus menggunakan produksi dalam negeri," tuturnya.

Peraturan juga mengisyarakatkan bagi komponen konstruksi impor produk besi dan baja di atas nilai Rp1 miliar akan melalui izin Menteri PUPR.

"Kalau lebih dari Rp1 miliar yang akan kita impor itu izinnya dari Pak Menteri. Jadi betul-betul selektif," ungkap Abdul.

Pembangunan IKN hingga akhir tahun 2024 masih pada tahap I. Sesuai roadmap, pembangunan tahap II akan dimulai 2025 dengan skala yang lebih luas.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa sarana dan prasarana di IKN sudah mulai terbangun pada Juli ini. Pemerintah berfokus pada fasilitas yang akan digunakan dalam penyelenggaraan upacara HUT 17 Agustus mendatang, seperti kantor dan istana presiden.

"InsyaAllah nanti pada Juli ini, sudah selesai. Jadi, kantor presiden, istana presiden, dan kantor-kantor menko yang empat lantai dan empat tower tiga lantai sudah siap. Bahkan nanti, dipakai para petugas dan peserta upacara. Lapangan upacara yang sudah selesai," kata dia usai peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024).

Basuki menjelaskan saat ini progres pembangunan tower yang akan digunakan oleh ASN sudah selesai sebagian dan dapat dihuni. Ia juga menyebut ada 12 tower yang sudah selesai dan akan dihuni oleh para peserta upacara HUT Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Dari 47 tower ASN, 12 tower akan selesai furnished sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh peserta upacara," kata dia.

Selain itu, Basuki menyampaikan bahwa pada 15 Juli 2024, air layak minum sudah masuk ke IKN. Dia akan melakukan pengecekan pada 19 Juli mendatang.