News - Bagi Anda, pemilik mobil mungkin sudah tidak asing dengan istilah ketok magic atau bengkel ketok magic. Apalagi bila mobil Anda pernah mengalami penyok akibat kecelakaan atau benturan di jalan.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, bengkel ketok magic menjadi salah satu alternatif murah dan cepat bagi pemilik mobil untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok itu.

Lalu apa itu ketok magic? Apakah memang melibatkan hal-hal gaib dalam proses pengerjaan ketok magic mobil?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, berikut ini akan dijabarkan mengenai bengkel ketok magic, termasuk kelebihan dan kekurangannya bila dibandingkan dengan bengkel biasa.

Pengertian Ketok Magic

Ketok magic adalah unit usaha yang bergerak di bidang body repair atau perbaikan bodi mobil yang rusak akibat tabrakan, penyok atau goresan. Tujuan dari bengkel ketok magic adalah membuat bodi mobil tampak mulus kembali.

Bengkel ketok magic ini mengklaim mampu memperbaiki bodi mobil tanpa perlu cat ulang. Inilah yang membuat pengerjaan body repair di bengkel ketok magic relatif lebih hemat biaya dan waktu.

Kalau melihat sejenak ke belakang, sebagaimana dirujuk dari Deltalube, bengkel ketok magic ini bermula dari sebuah desa bernama Bleduk, di Kecamatan Sanga Ngulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Mbah Turut adalah pionir dari bengkel ketok magic ini. Ketika itu, di era 1970-an Mbah Turut mempopulerkan teknik dan istilah “kenteng teter”.

Istilah kenteng berarti ketok dan teter adalah sebuah alat kerja yang berbentuk lempengan besi tipis yang diketok palu. Teter ini sering digunakan untuk membentuk bodi mobil kembali mulus seperti semula.

Ketika itu, mbah Turut dan para tukang kenteng teter di situ mampu mengerjakan bodi mobil yang penyok kembali ke bentuknya yang mulus seperti sedia kala. Dan, hanya dalam waktu singkat.

Lantas, keahlian semacam ini membuat para konsumen tukang kenteng teter ini punya istilah untuk keahlian semacam itu. Bagi para konsumen body repair kenteng teter, apa yang dilakukan kenteng teter itu seperti sulap atau magic. Dari situlah mulai muncul istilah bengkel ketok magic.

Jadi, tidak ada sama sekali unsur gaib dalam bengkel ketok magic. Semua murni skill, keahlian dan keterampilan dari para tukang di bengkel ketok magic.

Apa Beda Ketok Magic dengan Bengkel Biasa?

Lalu, apa bedanya bengkel ketok magic dan bengkel biasa?

Bengkel ketok magic dan bengkel biasa intinya mengerjakan hal yang sama, yaitu memperbaiki mobil yang mengalami kerusakan.

Namun, bengkel ketok magic biasanya pengerjaannya dilakukan secara tertutup, sementera itu pada bengkel biasa, para pelanggan biasanya bisa melihat proses perbaikan mobil, bahkan terkadang pelanggan bisa langsung bertanya kepada mekanik bila ada yang dirasa mengganjal.

Selain itu, bengkel ketok magic, pengerjaan di bengkel ketok magic biasanya dilakukan dengan lebih cepat, tanpa antrean, dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan di bengkel biasa.

Kelebihan Ketok Magic

Bagi yang pernah menjadi pelanggan bengkel ketok magic, mungkin tahu berbagai kelebihan bengkel ini. Namun, bagi yang masih penasaran dan ingin mencoba memperbaiki mobil yang penyok di bengkel ini, ada beberapa kelebihan di bengkel ketok magic ini yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Beberapa kelebihan bengkel ketok magic adalah:

1. Harganya terjangkau

Harga bengkel ketok magic sangat bervariasi. Tiap bengkel ketok magic punya standar harga dan patokan masing-masing. Namun, secara umum bengkel ketok magic akan menetapkan harga yang terjangkau.

Bahkan, seperti dilansir dari Daihatsu, ada bengkel ketok magic yang menawarkan harga mulai Rp 100.000 untuk memperbaiki goresan dengan hasil yang memuaskan.

2. Pengerjaan relatif lebih cepat dibanding bengkel biasa

Karena bengkel ketok magic hanya fokus memperbaiki bodi mobil yang penyok atau tergores, maka proses pengerjaan perbaikan bodi mobil relatif lebih cepat. Fokus pengerjaan yang hanya memperbaiki bukan mengganti spare part ini membuat pekerjaan body repair lebih tepat sasaran.

Selain itu, di bengkel ketok magic, proses pengerjaan body repair biasanya dikerjakan oleh dua orang, yaitu tukang dan kenek. Bahkan bisa dilakukan lebih dari dua tukang.

Para tukang itu akan bekerja sama memperbaiki bodi mobil, yaitu tukang yang satu akan mengetok dan yang tukang yang lain akan menekan bodi mobil yang penyok dari dalam dengan alat khusus.

3. Dapat mengganti spare parts baru atau bekas menyesuaikan budget

Jika ingin mengganti spare parts mobil dengan spare parts baru atau bekas, maka Anda bisa memintanya ke bengkel ketok magic. Bila budget Anda hanya cukup untuk mengganti spare parts mobil dengan spare part bekas, maka bengkel ketok magic akan mengakomodir hal itu.

4. Perbaikan mobil bisa sesuai dengan permintaan pelanggan

Bila karena keterbatasan budget, Anda belum bisa mengganti spare parts mobil, maka Anda bisa meminta ke bengkel ketok magic untuk tidak mengganti spare parts mobil Anda.

Anda juga bisa meminta hal-hal spesifik yang ingin Anda ganti atau tambahkan ke mobil Anda, yang tentunya pas dengan budget Anda. Poinnya, bengkel ketok magic akan menyesuaikan apa yang dikerjakan ke mobil dengan budget yang tersedia dari pemilik mobil.

5. Antrean tidak panjang

Ketika memperbaiki mobil di bengkel ketok magic, maka Anda tidak perlu antri terlalu lama seperti yang biasanya terjadi ketika memperbaiki mobil di bengkel biasa. Proses pengerjaan yang kerap kali dilakukan oleh banyak tukang membuat pengerjaan di bengkel ketok magic relatif lebih cepat.

Kekurangan Ketok Magic

Selain ada sejumlah kelebihan, bengkel ketok magic juga punya sejumlah kekurangan yang bisa jadi pertimbangan bila ingin memperbaiki mobil di bengkel ketok magic.

Beberapa kekurangan bengkel ketok magic adalah:

1. Hasil pengerjaan seringkali tidak sempurna

Karena proses pengerjaan perbaikan bodi mobil tidak dilakukan di tempat yang steril atau terstandarisasi bengkel otomotif, maka seringkali banyak partikel debu yang sering menempel ke bodi mobil. Terutama ketika proses pengecatan sedang dilakukan.

Berbagai partikel debu yang menempel inilah yang membuat hasil finishing dari body repair kurang sempurna atau kurang mulus.

2. Pengecatan hanya dilakukan pada bagian yang diperbaiki saja

Pengerjaan body repair pada bengkel ketok magic memang fokus hanya memperbaiki bagian yang tergores atau penyok. Oleh karena itu, proses pengecatan mobil hanya dilakukan pada bagian bodi yang catnya terkelupas atau tergores.

Pengecatan bodi mobil yang hanya parsial ini tentu akan membuat tampilan mobil secara keseluruhan menjadi kurang sempurna.

3. Bahan cat tidak sesuai standar pabrik resmi

Seringkali bengkel ketok magic hanya menggunakan bahan cat yang murah dan tidak sesuai standar pabrik resmi. Hal ini akan membuat hasil proses perbaikan bodi mobil atau hasil proses pengecatan bodi mobil kurang maksimal.

4. Tidak ada standar harga yang pasti

Harga pengerjaan body repair di bengkel ketok magic yang satu tidak sama dengan bengkel ketok magic yang lain. Selain itu tidak ada standar harga yang jelas juga untuk masing-masing pengerjaan.

Harga yang tidak pasti ini, bisa membuat pemilik mobil kebingungan ketika harus menentukan budget untuk perbaikan mobil.

5. Tidak ada standar yang terukur dalam menganalisa kerusakan mobil

Berbeda dengan bengkel biasa atau bengkel-bengkel resmi, bengkel ketok magic pada umumnya hanya mengandalkan intuisi dan kemampuan para tukang untuk menganalisa kerusakan mobil yang bersangkutan.

Akibatnya, kemungkinan adanya kesalahan dalam menganalisa kerusakan termasuk pengambilan keputusan untuk memperbaiki bodi mobil sangat mungkin bisa terjadi.