News - Periode pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 telah berakhir pada 5 April lalu. Kini peserta harus mulai bersiap-siap menghadapi tes agar berhasil lolos dan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian masing-masing.

UTBK SNBT adalah salah satu jalur atau tahapan untuk calon mahasiswa/mahasiswi baru yang ingin ikut dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Pesertanya berasal dari lulusan SMA/SMK/MA yang lulus mulai dari tahun 2022, 2023 serta 2024. Sebagai syarat, lulusan tersebut harus ikut dalam UTBK sebagai pengukur kompetensi calon mahasiswa.

Mereka harus mendaftar secara daring lewat laman resminya yakni: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dengan memakai akun siswa. Biaya untuk melakukan pendaftaran tersebut adalah sebesar Rp200.000.

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sendiri terdiri atas tiga seleksi yakni; Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi nasional Berdasarkan Tes (SNBT) serta Seleksi Mandiri.