News - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 50 periode 2023 sudah dibuka sejak Kamis, 20 April 2023. Setelah dibukanya masa pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah pengumuman Prakerja Gelombang 51.

Adapun kapan hasil seleksi peserta yang dinyatakan lolos, belum diinformasikan lebih lanjut. Berdasarkan pengalaman di Gelombang ke-50 yang lalu, bahwa jarak antara penutupan pengumuman hasil seleksi berkisar 2 hari.

Artinya, seperti diinformasikan akun Instagram resmi Prakerja, setelah masa penutupan, pada 25 April 2023, maka perkiraan pengumumannya akan dilakukan pada 27 April 2023.

Sehingga peserta yang telah mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja Gelombang 51 diharapkan untuk terus memantau informasi yang diunggah pada akun Instagram resmi Prakerja.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi diharapkan untuk segera membeli pelatihan pertama. Agar Kartu Prakerja tetap aktif dan dapat digunakan. Jika tidak membeli pelatihan, maka kartu akan dinonaktifkan sehingga kepesertaan akan dicabut.

Berdasarkan info laman resmi Prakerja disebutkan, bahwa Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Maka, dengan adanya program Kartu Prakerja ini dapat dijadikan sebagai pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang mengalami PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Jumlah Insentif Kartu Prakerja Gelombang 51 Tahun 2023

Peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan insentif biaya mencari kerja. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan ilmu dan sertifikat.

Pemerintah juga memberikan kemudahan peserta untuk mendapatkan pekerjaan dengan memberikan biaya yang dikeluarkan saat mencari kerja.

Terdapat dua jenis insentif yang akan didapatkan oleh penerima program Kartu Prakerja gelombang 51 yaitu:

  • Insentif biaya mencari kerja sebanyak 1 kali sebesar Rp600.000.
  • Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 yang diberikan paling banyak 2 kali.

Cara Cek Hasil Pengumuman Prakerja Gelombang 51 Tahun 2023

Berdasarkan laman resmi Prakerja, ada beberapa cara untuk mengecek pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 51 antara lain:

1. Login ke Laman prakerja.go.id

  • Saat hasil seleksi kartu Prakerja Gelombang 51 diumumkan, silahkan login ke akun Anda lewat laman www.prakerja.go.id.
  • Lalu cek dashboard Anda.
  • Apabila lolos maka akan terlihat di dashboard. Apabila tidak lolos, di dashboard muncul notifikasi berupa “Kamu Belum Berhasil”.
2. Cek SMS Pemberitahuan

  • Apabila lolos seleksi, maka Anda akan memperoleh notifikasi atau sms pemberitahuan.
  • Penting untuk tidak mengganti nomor yang telah didaftarkan saat seleksi.
3. Cek email

  • Apabila lolos seleksi, anda juga bisa mendapat notifikasi lewat email.
  • Pastikan untuk mengingat alamat email dan password yang telah didaftarkan saat seleksi.