News - Pemilihan jam upload Instagram adalah merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan sebuah konten masuk ke halaman Explorer. Saat konten kreator memilih waktu posting Instagram yang tepat, peluang mendapatkan perhatian dan keterlibatan akan meningkat secara signifikan.

Jika konten diunggah saat banyak pengguna aktif, kemungkinan untuk dilihat dan dikomentari menjadi lebih tinggi. Ini tidak hanya meningkatkan interaksi tetapi juga membantu algoritma Instagram mempromosikan konten secara lebih luas.

Dengan memanfaatkan analisis data dan wawasan tentang perilaku pengguna, pengelola akun dapat menentukan waktu terbaik post Instagram. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam hal artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jadwal dan jam upload Instagram.

Jadwal dan Jam Upload Konten Instagram

Anoob P.T dalam artikel “Best Time to Post on Instagram in 2024” (2024) di SocialPilot menjelaskan, waktu posting Instagram merupakan hal penting yang perlu dipertimbangan agar konten dapat menjangkau banyak audiens. Namun, selain waktu, terdapat faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti konsistensi pembuatan konten, kualitas, dan interaksi audiens.

Untuk mengetahui waktu terbaik post Instagram, SocialPilot melakukan penelitian yang melibatkan 50.000 akun Instagram di berbagai industri dan lokasi. Hasilnya, ditemukan bahwa secara umum waktu terbaik untuk post Instagram yakni antara pukul 7 hingga 9 pagi pada hari kerja atau weekdays.

Lebih lanjut, berikut hasil penelitian SocialPilot mengenai jadwal dan jam upload Instagram dalam seminggu sebagai referensi untuk meningkatkan keterjangkauan postingan Instagram.

1. Jam upload Instagram pada Senin

Waktu terbaik untuk mem-posting pada Senin adalah antara pukul 09.00 dan 10.00. Pada awal minggu kerja, banyak orang cenderung memeriksa feed Instagram. Mengunggah konten pada jam itu dapat memberikan kesempatan besar untuk menarik perhatian mereka.

2. Jam upload Instagram pada Selasa

Pada Selasa, Anda bisa mengunggah konten antara pukul 09.00 hingga 10.00. Pada waktu ini, orang-orang masih produktif dan terbuka untuk menemukan konten baru sehingga keterlibatan pun meningkat.

3. Jam upload Instagram pada Rabu

Waktu posting Instagram pada Rabu yang optimal ada tiga, yaitu pukul 05.00, 11.00, dan 15.00. Postingan di pagi dan sore hari dapat memaksimalkan visibilitas dan keterlibatan konten.

4. Jam upload Instagram pada Kamis

Waktu terbaik post Instagram pada Kamis adalah pukul 12.00 dan 17.00. Manfaatkan waktu istirahat makan siang dan menjelang akhir hari kerja untuk menarik perhatian audiens yang sibuk.

5. Jam upload Instagram pada Jumat

Pada Jumat, konten kreator bisa mem-posting antara pukul 09.00, 10.00, 17.00, dan 18.00. Menjelang akhir pekan, orang lebih sering mencari hiburan sehingga waktu ini ideal untuk mem-posting konten yang menarik.

6. Jam upload Instagram pada Sabtu

Pagi hari antara pukul 08.00 hingga 12.00 adalah waktu yang tepat untuk posting Instagram. Sabtu pagi adalah waktu yang populer untuk bermain Instagram sehingga dapat memaksimalkan tingkat keterlibatan jika Anda mengunggah konten.

7. Jam upload Instagram pada Minggu

Unggahlah konten antara pukul 10.00 hingga 14.00. Pada akhir pekan, banyak orang menikmati rutinitas pagi yang santai atau berkumpul dengan keluarga. Karenanya, itu adalah waktu terbaik untuk post Instagram.