News - Konfigurasi untuk mencari lawan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur 2024 terus bergulir.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebagai pemilik kursi dan suara terbesar di Jawa Timur terus menggaungkan nama eks Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sebagai lawan Khofifah-Emil.

Terkini, Wasekjen PKB Syaiful Huda mengungkapkan keinginan untuk mengusung Kyai Marzuki dengan eks Wali Kota Surabaya yang kini menjadi Menteri Sosial Tri Rismaharini di Pilkada Jatim 2024.

"Kiai Marzuki berpasangan dengan Bu Risma saya kira menarik," kata Huda di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Huda mengaku, DPW PKB Jawa Timur sudah berkomunikasi tentang rencana pengusungan tersebut. Ia mengatakan bahwa PDIP, partai asal Risma, kemungkinan mendukung rencananya ini.

Akan tetapi, rencana pengusungan Marzuki masih menunggu kesediaan mantan petinggi PWNU Jatim itu. Ia berharap Marzuki mau karena para pengurus mulai dari simpatisan, kader, pengurus, sangat berharap maju.

Huda menilai, Marzuki layak maju karena ia adalah mantan birokrat. Marzuki merupakan ASN di Kementerian Agama sehingga memiliki pengalaman birokrasi. Ia pun mengomparasikan Marzuki mirip dengan alm. KH Hasyim Muzadi.

Kemudian, pemilihan Risma dilakukan karena perlu tokoh perempuan untuk menghadapi Khofifah, dan Risma adalah tokoh yang tepat. Ia pun mengusulkan sendiri Marzuki-Risma.