News - Pulau Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata yang digandrungi pelancong dalam dan luar negeri. Akses ke sana pun bisa ditempuh dengan berbagai pilihan moda transportasi. Jika menggunakan transportasi darat, perusahaan otobus (PO) apa sajakah yang menyediakan bus Jakarta - Bali?

Bus tujuan Bali sudah tersedai untuk kelas bisnis dengan fasilitas AC. Sebab, perjalanan cenderung panjang apalagi jika harus berpergian dari Jakarta ke Bali.

Jarak Jakarta menuju Bali, terutama Denpasar, kurang lebih 1.183 kilometer menurut perkiraan aplikasi Google Maps. Durasi perjalanan kira-kira akan memakan waktu lebih dari 24 jam di luar faktor kemacetan hingga kendala dalam penyeberangan memakai kapal ferry.

Rute Jakarta - Bali akan melewati Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Setelah itu, bus akan naik ke atas kapal ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk yang ada di Kabupaten Jembrana, Bali. Perjalanan dengan kapal ini kurang lebih memerlukan kurang dari 1 jam dengan jarak tempuh sekira 50 kilometer.

Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, bus akan kembali berjalan menuju tujuan di Pulau Bali. Biasanya pemberhentian terakhir ada di kota Denpasar yang menjadi ibu kota Provinsi Bali.

Daftar Bus Jakarta - Denpasar

Saat ini banyak tiket bus Jakarta Bali yang diperdagangkan secara online. Tiket ini dijual di berbagai platform penjualan tiket bus, termasuk website dari masing-masing PO. Rute tersebut dilayani langsung dari Jakarta menuju Bali tanpa adanya perpindahan ke PO lainnya.

Beberapa nama yang menyediakan trayek langsung dengan rute Jakarta - Bali di antaranya adalah Lorena, Pahala Kencana, Gunung Harta, dan Kramat Djati. Semua PO ini telah dikenal lama memiliki trayek perjalanan lintas pulau.

Di samping itu, ada pula PO lain yang melayani trayek serupa yaitu Wafaa Holiday dan Debe Trans. Wafaa Holiday adalah PO yang melayani trayek antarkota antarprovinsi (AKAP) yang diketahui memiliki rute andalan Jakarta - Surabaya - Bima. Wafaa menyediakan bus ukuran besar dan medium dalam operasionalnya.

Debe Trans sebelumnya melayani perjalanan AKAP dengan rute Jepara - Denpasar. Belakangan dalam situs penjualan tiket bus, nama Debe Trans turut tercatat melayani perjalanan dengan rute Jakarta - Denpasar. Tarifnya pun cukup kompetitif dibanding PO lainnya.

Harga Tiket Bus Jakarta - Bali

Setelah mengetahui daftar PO yang melayani trayek dengan rute Jakarta - Bali, waktunya membandingkan harga tiket masing-masing. Untuk pemberangkatan pada 11 Juli 2024, daftar harga tiket berbagai PO untuk rute Jakarta - Bali dengan tujuan akhir Denpasar sebagai berikut:

  • Lorena: Rp680.000

  • Pahala Kencana: Rp650.000

  • Wafaa Holiday: Rp580.000

  • Gunung Harta: Rp600.000

  • Kramat Djati: Rp605.000

  • Debe Trans: Rp580.000