News - Pemerintah bakal melakukan perayaan HUT RI ke-79 secara hybrid di Ibu Kota Nusantara dan Ibu Kota Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, akan menghadiri langsung perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan atau HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara.

Para mantan presiden pun akan diundang di perayaan HUT RI ke-79. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menuturkan, pemimpin upacara di IKN akan dipimpin Jokowi.

"Nanti Pak Wapres terpilih dampingi wapres, presiden terpilih akan dampingi presiden," kata Muhadjir usai rapat terbatas persiapan upacara peringatan HUT RI ke-79 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Muhadjir mengatakan pembangunan Nusantara sudah 90 persen. Dia juga memastikan akomodasi sudah terpenuhi.

Tidak hanya itu, bandara sudah siap berfungsi di akhir Juli 2024 sehingga tamu bisa langsung ke Nusantara tanpa harus ke Balikpapan. Dia membantah persiapan dilakukan buru-buru.

"Ya enggak buru-buru lah orang sudah disiapkan lama kok," kata Muhadjir.

Sementara itu, jalan tol akan selesai pada akhir juli 2024. Lebih lanjut, dia pun mengatakan, para tamu yang hadir tidak akan menginap.

Lebih lanjut, dia mengeklaim belum ada list pejabat yang hadir di IKN maupun di Jakarta. Namun tidak menutup kemungkinan tamu akan terbagi dua antara di Taman Makam Pahlawan, Kalibata dan IKN Memorial.

Sementara itu, Muhadjir juga mengaku pemerintah akan mengundang semua mantan presiden untuk hadir di Nusantara.

"Itu masih diusulkan. Tadi pak Presiden rekomendasi kan pokoknya harus jadi perhatian para tokoh-tokoh apakah di sini dan IKN," kata Muhadjir.

Sementara itu, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, menjelaskan skema tim paskibraka akan terbagi pada dua titik. Yudian memastikan, mereka sudah siap tidak hanya di Nusantara dan Jakarta melainkan juga di provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia.

"Ada juga persiapannya [paskibra di IKN dan istana] karena ini skemanya ada 2 kan? Ada di Jakarta, ada yang di IKN. Itu sudah siap," kata Yudian usai rapat.

Yudian mengatakan, BPIP saat ini tengah melakukan verifikasi calon paskibra pusat. Dia mengatakan, proses seleksi akan selesai 14 Juni 2024 dan akan mulai menjalani pelatihan 12 juli 2024.

Pelatihan akan melibatkan Kogartap 1 Jakarta dan Kodam VI Mulawarman. Dia pun memperkirakan tim paskibra IKN akan berangkat pada tanggal 10 dan pengukuhan akan dilakukan pada 15 Agustus 2024.

"Jumlah paskibraka yang akan dikukuhkan adalah 76 orang terdiri dari 38 putra dan 38 putri mewakili 38 provinsi," kata Yudian.

Yudian memastikan, para anggota BPIP akan diundang, termasuk Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri. Namun, mereka masih menimbang siapa yang hadir karena melihat daya tampung.

"Iya diundang. Pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," tutur Yudian.