News - Presiden Joko Widodo melepas 25 dari 29 total atlet untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Empat atlet lainnya di saat bersamaan sedang berada di luar negeri guna melakukan sejumlah persiapan.

Jokowi menyampaikan bahwa untuk menjadi anggota delegasi ke olimpiade harus melalui seleksi yang sangat ketat. Maka itu, dia mengingatkan bahwa para atlet di hadapannya adalah orang pilihan.

"Jadi saudara-saudara adalah atlet-atlet pilihan, sekali lagi yang diseleksi secara ketat, atlet pilihan yang akan tampil di ajang dunia yang sangat bergengsi yaitu arena olimpiade," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Rabu (10/7/2024).

Dia mengingatkan kepada para atlet yang akan berangkat untuk menjaga stamina dan kekuatan mental, karena sorotan mata dunia semuanya akan tertuju pada Olimpiade Paris.

"Oleh karena itu persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding dan harapan kita berhasil dan menang pulang membawa medali," kata Jokowi.

Ia menyadari ada banyak atlet hebat lainnya dari berbagai penjuru dunia yang akan berhadap di Olimpiade Paris. Namun, bagi Jokowi, hal itu tak menjadi alasan untuk pesimistis. Dia meminta agar setiap atlet menjaga motivasi dan mental juara dalam bertanding.

"Saya tahu lawan saudara-saudara pasti banyak orang-orang terbaik dari seluruh dunia, pasti sangat berat, kita tahu, saya pesan agar semuanya harus optimistis, bertandinglah dengan penuh semangat," kata Jokowi.

Dia menerangkan jika masyarakat Indonesia menginginkan Sang Saka Merah Putih bisa berkibar di arena olimpiade, juga lagu kebangsaan Indonesia Raya diharapkan bisa berkumandang di tempat yang sama.

"Rakyat menginginkan Bendera Merah Putih berkibar di arena olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena olimpiade dan saudara-saudara pulang membawa medali," katanya.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Anindya Novyan Bakrie, menyampaikan akan ada kejutan dalam laga olimpiade mendatang. Para atlet mendapat titipan pesan dari Jokowi agar bisa tampil dengan performa terbaik.

"Pak Presiden menitipkan tadi, tentu di ajang olimpiade ini pertandingan kan angat sengit, ketat, tetapi apabila semangat juang tinggi, teman-teman atlet, teman-teman pelatih, bisa menghadirkan yang terbaik," ucapnya.