News - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dalam rangka penanganan erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara beberapa hari terakhir. Menurut Jokowi, sekitar 9 ribu pengungsi dan 12 ribu penduduk terdampak.

Menurut Jokowi, pemerintah sudah melakukan pendataan penduduk yang ingin direlokasi. Ia juga meminta agar lahan yang dituju sudah berstatus bebas masalah. Ia meminta menteri ATR, Agus Harimurti Yudhoyono, untuk meninjau langsung.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar pendanaan dilakukan sekaligus pendataan dan skema perbaikan bangunan rusak akibat gempa.

"Kemudian juga pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur, serta skema bantuan selama relokasi. Dan yang paling penting identifikasi beberapa bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak, entah itu sekolah, rumah sakit, atau jembatan, dan evakuasi yang kira-kira dibutuhkan," kata Jokowi.

Sejumlah menteri dan kepala lembaga hadir dalam rapat tersebut. Di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wamenkeu Suahasil Nazara, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.