News - Ada berbagai jenis pasar yang terdapat di sekitar lingkungan kita, termasuk pasar berdasarkan luas wilayah dan pasar berdasarkan segmentasinya.

Definisi pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi jual beli barang maupun jasa.

Penyebutan area jual beli itu kini tidak hanya terbatas ‘pasar’ saja, namun ada juga yang menyebut dengan pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, pusat perdagangan, dan lainnya.

Mengutip e-modul Kemdikbud, pengertian pasar dalam kajian ilmu ekonomi adalah tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) atas barang atau jasa tertentu.

Hasil dari proses interaksi yang dilakukan dapat membuat ketetapan harga pasar serta jumlah yang diperdagangkan.

Kegiatan transaksi dalam pasar ini merupakan bagian dari sistem perekonomian, yang alat pembayarannya berupa uang baik uang elektronik maupun uang cash.

Ciri-Ciri Pasar

Suatu lokasi disebut sebagai pasar apabila memiliki beberapa ciri seperti di bawah ini:

  • Ada calon pembeli dan penjual.
  • Ada proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
  • Ada interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Ada jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.

Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayah dan Segmentasinya

Merujuk pada e-modul PKWU Kelas XII pasar memiliki variasi berdasarkan ukurannya, jangkauannya, skala geografisnya, jenis barang dan jasa yang dijual belikan, serta komunitas manusia yang melakukan jual beli dan lain-lain.

Berikut ini jenis pasar berdasarkan luasan dan segmentasinya:

1. Pasar Berdasarkan Luas wilayah

Jika ditinjau berdasarkan luasannya, pasar akan dibagi menjadi:

  1. Pasar lokal: Yaitu pasar yang membeli dan menjual terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi barang. Contohnya adalah pasar batik di Solo, di mana batik diproduksi di wilayah tersebut dan juga dipasarkan di Solo.
  2. Pasar nasional: Yaitu pasar yang membeli dan menjual terbatas di dalam suatu negara tempat suatu produk dihasilkan.
  3. Pasar global/pasar internasional: Yaitu pasar tempat membeli dan menjual produk yang berasal dari berbagai negara. Contohnya adalah pasar kopi di Santos, Brazil.
  4. Pasar daerah: Yaitu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 daerah produk tersebut dihasilkan.

2. Pasar Berdasarkan Segmentasi

Jika ditinjau berdasarkan segmentasinya atau sasaran target konsumen yang disasar oleh pasar tersebut, maka dapat dibedakan menjadi:

  1. Geografis atau tempat di mana produk akan dijual.
  2. Demografis yang terdiri atas usia target, gender atau jenis kelamin, bangsa di mana target pasar berada, etnis atau ras, pekerjaan, dan tingkat ekonomi atau kondisi keuangan target.
  3. Psikografis artinya adalah identifikasi karakteristik kepribadian dari konsumen, yang biasanya meliputi karakter kelas sosial apakah dari kalangan atas, menengah atau bawah, gaya hidup serta dan kepribadian.