News - Berbagi ucapan selamat Idul Adha menjadi sebuah tradisi ketika merayakan Hari Raya Kurban. Terdapat banyak jawaban atau balasan untuk membalas ucapan selamat Idul Adha yang bisa Anda sampaikan kepada teman maupun kerabat keluarga.

Umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijah 1445 Hijriah. Di Indonesia, perayaan Idul Adha atau yang biasa disebut dengan Lebaran Haji ini akan bertepatan dengan Senin, 17 Juni 2024.

Pemerintah telah menetapkan hari perayaan Idul Adha sebagai tanggal merah atau hari libur nasional. Sehari setelahnya atau 18 Juni 2024 juga ditetapkan sebagai cuti bersama Idul Adha sehingga masyarakat Indonesia akan merasakan libur panjang pekan depan.

Sementara itu, Idul Adha di Indonesia akan berbeda dengan Arab Saudi. Masyarakat Arab Saudi akan merayakan Idul Adha satu hari lebih cepat atau pada Minggu, 16 Juni 2024.

Perbedaan waktu Idul Adha ini disebabkan oleh perbedaan zona waktu, elongasi, hingga kondisi alam. Meski demikian, pemerintah menegaskan bahwa perbedaan ini bukan masalah besar, terlebih penetapan Idul Adha di Indonesia sudah sesuai dengan kriteria yang disepakati oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Sementara itu, masyarakat Indonesia punya banyak cara untuk memeriahkan Hari Raya Idul Adha. Salah satunya dengan cara memberikan ucapan selamat kepada teman, saudara, atau kerabat lainnya.

Ucapan selamat Idul Adha dapat dikemas dalam kalimat formal, bernada jenaka, atau dalam bentuk pantun. Berikut contohnya:

1. Selamat Idul Adha 1445 H. Semoga hari raya ini memberikan banyak keberkahan bagi kita semua.

2. Selamat Idul Adha, sahabatku! Jangan lupa bagi daging kurbanmu agar kenyang perutku.

3. Pergi ke pasar membeli tinta

Tinta dipakai gambar pelangi

Hari Idul Adha telah tiba

Saatnya berkurban dan berbagi

Sebagai penerima pesan atau ucapan selamat Idul Adha, Anda tentunya harus memberikan balasan atau jawaban. Anda bisa memberikan jawaban yang sesuai dengan ucapan selamat yang didapat, bisa dalam bentuk kalimat formal, kalimat santai, atau membalasnya dengan pantun.