News - Muhammad Ihsan, 23 tahun, termasuk yang tidak senang dengan modernisasi fitur pada mobil keluaran terbaru. Ia bilang fitur-fitur kekinian justru membuatnya bingung, malah tak membuat nyaman. Warga Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini lebih senang dengan sensasi mengendarai mobil konvensional dengan fitur dan teknologi lawas.

Perangkat modern, seperti electronic parking brake dan keyless system yang diaktifkan hanya dengan menekan tombol merupakan hal yang tak mudah diterima oleh Ihsan.“Menghidupkan mesin pakai keyless ribet ya. Harus injak rem dulu, tunggu beberapa detik. Rem tangan (electronic parking brake) yang tinggal pencet itu rasanya terlalu simpel, jadi kurang seninya,” kata Ihsan kepada Tirto.

Fitur Mobil-mobil keluaran terkini memang didominasi oleh sistem kendali elektronik. Elektronifikasi membuat fitur mobil lebih mudah dikendalikan dan simpe, ibarat mengoperasikan sebuah komputer.

Kepala tim analis dari Techanalysis Research Bob O’Donell menulis di laman Recode, sekurangnya ada 150 program komputer yang terintegrasi dalam peranti electronic control unit (ECU) atau pusat kendali sistem elektronik mobil. Kombinasi komponen mekanis dan elektronik membuat kinerja mobil semakin presisi, tapu Bob mencatat, keluhan soal masalah teknis pada mobil cenderung meningkat.