News - Jalan utama penghubung Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur terputus akibat longsor. Longsor tersebut terjadi di Kampung Tugu, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/5/2024) 03.00 WIB.

Kepala Desa Cilangari, Sabana, mengatakan, peristiwa bencana longsor ini terjadi akibat hujan deras.

“Kejadiannya pukul 03.00 WIB. Saat itu memang hujan besar, ditambah kontur tanah labil dengan kemiringan cukup curam, sehingga saat diterjang air hujan langsung ambrol,” jelas Sabana pada wartawan, Selasa (14/5/2024).

Material longsor menutup habis jalan sepanjang 100 meter. Tak hanya itu, bongkahan batu dan sejumlah pohon besar ikut terbawa longsor.

Sabana mengatakan, jalan ini merupakan penghubung dua desa antara Desa Cilangari dan Desa Sindangjaya. Jalan milik Pemkab Bandung Barat ini baru saja diperbaiki beberapa bulan terakhir menggunakan biaya pinjaman PT SMI.

“Lumpuh total jalan milik kabupaten. Sementara ada jalan alternatif pun sangat jauh,” ujar Sabana.

Saat ini sejumlah aparat kewilayahan dan masyarakat melakukan evakuasi material tanah longsor dengan alat tradisional. Pasalnya, jalan tertutup total dan belum bisa dilalui sebab membutuhkan alat berat untuk membersihkan longsoran. Tak hanya itu, perbaikan sendiri perlu penguatan konstruksi dan membangun jalan baru.

Imbas dari longsor tersebut, aktivitas warga terhambat. “Banyak masyarakat beraktivitas ekonomi dan pendidikan gak jadi berangkat. Kita memberi arahan kepada warga agar senantiasa waspada akan adanya kejadian bencana tanah longsor susulan,” kata dia.

Tanah Longsor Kampung Tugu

Longsor di Kampung Tugu, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Selasa (14/5/2024). foto/Istimewa