News - Pemprov DKI Jakarta meyakini bahwa BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 yang diselenggarakan hari ini dapat membawa perbaikan ekonomi tidak hanya bagi ibu kota, tetapi juga Indonesia.

Penjabatg Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan, ajang ini juga menjadi wadah promosi Jakarta. Terlebih, diselenggarakan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-497.

"Yang pertama adalah mempromosikan Jakarta, yang kedua adalah bangkitkan ekonomi, UMKM bisa berjalan dengan baik, lantas terciptanya olahraga yang rutin, maka kesehatan juga bisa terpenuhi," kata Heru di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (23/6/2024).

Disebutkan Heru, ajang internasional ini diikuti oleh sekitar 15.355 peserta. Mereka terdiri dari 1.000 peserta di ketegori 42 Km, 4.000 peserta di kategori 21 Km, dan 10.355 peserta di katergori 10 Km.

Diklaim Heru, pelaksanaan JAKIM 2024 berjalan dengan sangat kondusif berkat kerja sama semua elemen masyarakat. Promosi yang sudah dilakukan sejak Februari 2024 pun membuahkan hasil dengan keikutsertaan belasan ribu peserta.

"Konon katanya hari ini adalah yang terbaik, bisa steril, safety-nya juga bisa, dan mereka nyaman untuk melakukan 42K, 21 dan 10K." ucap Heru.

Diharapkan Heru, ajang ini dapat berjalan setiap tahunnya dan akan semakin baik pelaksanaannya. Dengan begitu, kebiasaan berolahraga menjadi semakin meluas.

"Kesannya, saya tanya tadi beberapa atlet pelari, mereka cukup puas bahwa pertama tadi safety, steril, yang mereka harapkan, yang kita janjikan itu bisa terbukti. Mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya bisa kita jaga kualitas yang hari ini kita telah lakukan," tutup Heru.