News - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jenjang SMA di jalur Zonasi mulai dibuka pada 24 Juni 2024. Pendaftaran akan dibagi ke dalam dua tahap berdasarkan jalur masuknya. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui link daftar PPDB DIY.

Tahap pertama pendaftaran dibuka untuk jalur zonasi radius, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Setelah itu, pendaftaran PPDB SMA dilanjutkan untuk jalur zonasi reguler dan prestasi. Adapun pengumuman hasil seleksi di semua jalur akan disampaikan serentak melalui website PPDB DIY pada 28 Juni 2024.

Semua calon siswa yang dinyatakan diterima, wajib melakukan daftar ulang sesuai waktu yang ditetapkan. Jika terjadi keterlambatan atau tidak melakukan daftar ulang, calon siswa tersebut dianggap mengundurkan diri. Adapun kuota daya tampungnya diikutkan pada pelaksanaan seleksi jalur pemenuhan daya tampung sekolah pada 4-5 Juli 2024.

Link pendaftaran PPDB SMA Jogjakarta 2024

Pendaftaran PPDB SMA Jogjakarta 2024 dilakukan terpusat melalui website PPDB DIY di tautan #.

Namun, setiap jalur pendaftaran memiliki link masing-masing. Berikut daftar link semua jalur pendaftaran untuk PPDB SMA DIY:

  • Link jalur zonasi radius
  • Link jalur zonasi reguler
  • Link jalur afirmasi
  • Link jalur perpindahan tugas orang tua
  • Link jalur prestasi
  • Link jalur pemenuhan daya tampung

Cara Daftar PPDB Jogjakarta 2024

Pendaftaran PPDB SMA Jogjakarta 2024 bisa dilakukan sendiri dengan mudah oleh calon siswa. Alur untuk mendaftar terinci sebagai berikut:

  1. Calon siswa melakukan proses pengajuan akun baru, menginput data diri, dan mengunggah berkas persyaratan.
  2. Operator sekolah akan melakukan approval atau verifikasi ajuan akun dengan melakukan pengecekan pada berkas dan data ajuan yang diunggah.
  3. Calon siswa melakukan pengecekan akun di situs PPDB DIY dengan memasukkan NISN.
  4. Calon siswa melakukan aktivasi akun lalu membuat password baru untuk login
  5. Calon siswa melakukan login memakai NISN dan password.
  6. Calon siswa memilih sekolah tujuan
  7. Calon siswa melihat hasil seleksi akhir di website PPDB DIY di tautan #