News - Jadwal final Volleyball Nation League (VNL) 2024 Jepang vs Italia berlangsung hari ini, Minggu (23/6/2024) pukul 20.30 WIB dari Stadion Indoor Huamark, Bangkok, Thailand. Selain itu, tersaji duel perebutan tempat ke-3 antara Brasil vs Polandia pukul 17.00 WIB. Siaran VNL 2024 bisa disaksikan via live streaming Vidio.

Sejarah baru tercipta saat Jepang untuk pertama kalinya tampil di partai final. Jepang mendapatkan tiket ke final usai menang secara dramatis atas Brasil, melalui drama tie-break (3-2). Jepang sekaligus jadi wakil Asia (AVC) ke-2 yang lolos ke partai puncak, usai China menjadi runner-up tahun lalu.

Jepang kini telah ditunggu Italia, yang kembali ke final usai tim itu pernah menjuarai VNL 2022 silam. Italia di partai semifinal lain tampil tangguh saat hanya membutuhkan 3 set untuk menumbangkan sesama wakil Eropa (CEV), Polandia. Kali ini, Italia mengejar VNL ke-2 dalam sejarahnya.

Sementara itu, partai tak kalah seru mempertemukan Brasil vs Polandia dalam perebutan tempat ke-3. Laga ini berpotensi jadi ajang pelampiasan bagi Brasil yang sebelumnya tampil tangguh selama babak reguler.

Hasil semifinal sekaligus jadi kekalahan perdana untuk Brasil. Sebelum ini, wakil Amerika Selatan (CSV) yang pernah 3 kali menjadi runner-up itu mencetak 13 kemenangan berturut-tutut, termasuk 12 di antaranya kemenangan di penyisihan. Brasil merupakan pemuncak klasemen di babak pertama.

Sedangkan Polandia berupaya menyamai capain tahun lalu saat finis di tempat ke-3. Sebelum ini, wakil CEV tersebut juga punya rekor cukup impresif lantaran menghasilkan 11 kemenangan dari 14 laga. Polandia hanya kalah 3 kali, dan salah satunya mereka takluk atas Brasil. Jelas, Polandia punya misi untuk melakukan revans.

Jadwal Final VNL Putri 2024 Jepang vs Italia Live di Vidio

Final VNL 2024 Putri mempertemukan Jepang vs Italia di Stadion Indoor Huamark, Bangkok, Thailand, pada Minggu (23/6/2024) pukul 20.30 WIB. Pertarungan kali ini bakal menarik, mengingat kedua tim belum sempat saling menjajal kekuatan. Jepang dan Italia belum pernah berjumpa di penyisihan VNL 2024.

Menilik perjalanan awal, catatan Italia terbilang lebih impresif. Wakil CEV itu mencatatkan 12 kemenangan dari 14 laga, di fase reguler maupun di final round. Kekalahan Italia didapatkan dari 2 semifinalis lain, yaitu masing-masing takluk dari Polandia di laga perdana, serta tumbang dari Brasil pada pekan ke-2.

Selebihnya, Paola Egonu mampu menumbangkan lawan-lawannya. Hingga jelang laga kontra Jepang, tercatat Italia sudah membukukan 7 kemenangan beruntun. Seluruhnya, Italia menang lewat straight set.

Capaian Italia makin menjanjikan saat memasuki final round. Dua kali berturut-turut Italia mampu menciptakan kemenangan bersih 3-0, masing-masing dengan menumbangkan Amerika Serikat (AS) di babak 8 besar, serta menjegal Polandia di semifinal.

Di partai terakhir, Italia bahkan membuat Polandia sama sekali tak diberi kesempatan untuk menyentuh 20 poin. Italia menang telak 25-18, 26-17, serta 25-12. Kemenangan terakhir dijadikan bekal bagi Italia untuk selangkah lebih dekat menuju gelar VNL ke-2.

“Saya pikir kami semua sedikit gugup, tetapi kami menemukan permainan kami dan saya sangat senang! Saya senang dengan hasilnya. Kami telah banyak berlatih, baik secara fisik maupun mental, dan saya pikir yang membuat kami tetap bersemangat adalah persiapan mental,” kata pemain Italia, Paola Egonu usai laga semifinal dilansir dari laman Volleyball World.

Sementara itu, jalan lebih terjal agaknya dilalui Jepang. Wakil AVC ini total telah takluk 4 kali dari 14 laga sejak babak penyisihan. Dari 5 laga terbaru, Jepang cuma menorehkan 3 kemenangan.

Jepang lolos ke fase gugur dengan selisih tipis. Jepang di babak reguler cuma unggul 1 kemenangan dan 4 poin atas Belanda yang menghuni posisi ke-8. Lalu di semifinal, Jepang menumbangkan Brasil via skor ketat 3-2. Satu kemenangan set atas Brasil di antaranya didapat Jepang via drama deuce.

Pemain Jepang, Airi Miyabe menuturkan, duel sengit di semifinal telah menguras energi mereka. Kini Jepang berupaya mendapatkan kembali tenaganya, untuk mengejar gelar VNL pertama kalinya dalam sejarah, baik untuk Jepang maupun untuk Asia.

“Kami harus pulih dan mengubah pola pikir kami untuk memenangkan pertandingan berikutnya,” kata Miyabe dilansir dari laman Volleyball World.

Jadwal Final dan Perebutan Tempat ke-3 VNL 2024 Putri

Berikut ini jadwal lengkap VNL 2024 untuk partai final dan perebutan tempat ke-3, yang disiarkan live via streaming Vidio:

Minggu, 23 Juni 2024

  • 17.00 WIB Brasil vs Polandia (perebutan tempat ke-3)
  • 20.30 WIB Jepang vs Italia (final)

Live Streaming Final VNL 2024 di Vidio

Live streaming final Volleyball Nation League (VNL) 2024 Jepang vs Italia, dapat diakses melalui Vidio. Jadwal laga Jepang vs Italia berlangsung hari ini, Minggu (23/6/2024) pukul 20.30 WIB dari Stadion Indoor Huamark, Bangkok, Thailand. Selain itu, tersaji duel perebutan tempat ke-3 antara Brasil vs Polandia pukul 17.00 WIB.

Link Live Streaming Final VNL 2024 di Vidio

*Jadwal pertandingan dan siaran VNL 2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.