News - Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Faisal Ali Hasyim, menilai kinerja petugas haji di musim ibadah haji 1445 H atau 2024 M lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Penilaian tersebut merupakan hasil pemantauan dan evaluasi tim pemantau haji Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Indikatornya adalah penyelidikan pelanggaran yang dilakukan petugas haji.

"Alhamdulillah, kinerja petugas tahun ini naik. Artinya, kinerja petugas semakin baik," kata Faisal pada acara Menteri Agama Menyapa Petugas Haji di Makkah, Kamis (19/6/2024).

Faisal menjelaskan, tim pemantau dari Itjen Kemenag pada tahun ini tidak perlu melakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kepada petugas sebanyak tahun lalu.

"Jika tahun lalu, kami terpaksa mem-BAP petugas karena terbukti melakukan pelanggaran hingga dipulangkan, alhamdulillah pada tahun ini, pelanggaran yang dilakukan petugas relatif lebih rendah dan itu bisa diselesaikan dengan pembinaan," tutur Faisal.

Kemudian, bila tahun lalu masih banyak petugas yang memprovokasi dengan menyebar berita hoaks dan menimbulkan kegelisahan bagi jemaah, pada tahun ini kasus serupa tidak terjadi.

"Alhamdulillah, tidak ada lagi petugas haji yang turut menyebarkan berita palsu," kata Faisal.

Faisal berharap peningkatan kinerja petugas haji nantinya dapat terkalibrasi dengan naiknya tingkat kepuasan haji bagi jemaah.

Di acara yang sama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga berterima kasih kepada petugas haji Indonesia. Ia bersyukur berada di lingkungan PPIH yang merupakan orang-orang pilihan terbaik.

"Saya memiliki petugas yang tangguh, petugas yang tidak pernah kenal lelah, berdedikasi tinggi, profesional, seperti kalian," ucapnya.