News - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) telah merilis sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116 pada tanggal 20 Mei 2024.

Sambutan tersebut disampaikan sebagai refleksi dan motivasi untuk melanjutkan semangat kebangkitan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa, serta menegaskan pentingnya peran teknologi dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Tema Hari Kebangkitan Nasional tahun 2024 adalah “Bangkit Untuk Indonesia Emas”.

Tema yang diusung untuk Harkitnas 2024 itu menekankan pentingnya semangat kebangkitan yang didorong oleh inovasi dan transformasi digital sebagai fondasi utama dalam mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Selain itu, tema tersebut mencerminkan komitmen dan optimisme bangsa Indonesia untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital.

Isi dan Poin-Poin Sambutan

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, dalam sambutannya menyoroti beberapa poin penting yang mencakup refleksi sejarah kebangkitan nasional, tantangan dan peluang di era teknologi, serta pentingnya pendidikan dan inovasi untuk kemajuan bangsa.

Dalam sambutannya, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam memanfaatkan momentum kebangkitan kedua demi mencapai visi Indonesia Emas di 2025.

Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024 kali ini, Menkominfo mengingatkan kita akan pentingnya refleksi sejarah yang bermula dari berdirinya Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Organisasi tersebut menjadi simbol kebangkitan nasional dan wadah perjuangan menuju kemerdekaan, tempat para tokoh belajar dan berdebat tentang pendidikan serta kebebasan.

Selain organisasi Budi Utomo serta tokoh-tokoh yang ada di baliknya, kita juga diingatkan pada sosok Kartini yang juga diakui atas perannya dalam menginspirasi gagasan kemerdekaan dan kesetaraan melalui pendidikan.

Gagasan-gagasannya mampu melampaui masa hidupnya dan mempengaruhi embrio bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan.

Selanjutnya, dibahas juga bahwa Indonesia berada dalam fase kebangkitan kedua yang ditandai dengan era teknologi digital yang membawa perubahan revolusioner.

Menkominfo menekankan pentingnya memanfaatkan bonus demografi dan transformasi digital sebagai peluang besar bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah dan mencapai status negara maju.

Dengan penetrasi internet yang tinggi dan potensi ekonomi digital ASEAN yang besar, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Di akhir pidatonya, Menkominfo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyambut kebangkitan nasional kedua ini dengan optimisme dan kepercayaan diri menuju Indonesia Emas 2045.

Link Download Sambutan Menkominfo untuk Harkitnas 2024

Anda bisa membaca sambutan lengkap Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional 2024 dengan mengunduhnya dalam bentuk file PDF melalui tautan berikut:

Link Download Isi Sambutan Menkominfo di Harkitnas 2024