News - Formasi CPNS Kemenag yang khusus penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah dirilis pihak Kementerian. Berapa jumlahnya?

Kementerian Agama (Kemenag) adalah salah satu dari sejumlah kementerian yang telah mengumumkan formasi lowongan CASN (Calon Aparatur Sipil Negara). Hal ini meliputi formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Sederet lembaga dan kementerian lain juga telah merilis informasi serupa. Di antaranya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Setidaknya, Kemenag telah mengajukan 151.489 formasi ASN kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Rinciannya terdiri dari 61.708 formasi CPNS dan 89.781 formasi CPPPK. Dari jumlah tersebut, sebanyak 110.553 formasi telah disetujui. Angka ini meliputi 20.772 CPNS dan 89.781 CPPPK.

Kemenag juga menyiapkan 1.378 formasi CPNS 2024 untuk penempatan khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN). Penetapan jumlah tersebut selaras dengan rumus yang diberikan Kemenpan-RB, yakni 10 persen dari keseluruhan formasi tenaga teknis.