News - Bagaimana hukum orang yang tidak mau memaafkan sesama muslim di hari raya Idul Fitri? Apakah orang yang menyimpan dendam atau merawat kebencian akan mendapatkan dosa? Apakah maaf-memaafkan harus di momen Lebaran saja? Serta apa yang terjadi jika kita tidak memaafkan orang lain?

Setelah berpuasa selama sebulan penuh pada Ramadan, umat muslim menyambut "hari kemenangan" yakni Idulfitri. Kaum muslim meyakini bahwa saat memasuki lebaran, dosanya yang telah lalu akan dihapuskan dan ia kembali suci.

Hal itu berlandaskan pada hadis riwayat Bukhari. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari).

Namun, dosa yang dihapuskan, seperti disebutkan dalam hadits di atas, adalah dosa seorang muslim kepada Allah SWT. Sementara itu, sebagaimana makhluk yang punya hawa nafsu, pikiran, dan hati, manusia tentu memiliki dosa terhadap sesamanya.

Lalu, bagaimana dosa seseorang kepada sesama muslim saat Idulfitri? Apakah langsung dihapuskan atau harus tetap meminta maaf dan memberi maaf? Bagaimana pula hukum tidak memaafkan sesama muslim?