News - Houthi Yaman termasuk salah satu faksi di Timur Tengah yang secara terang-terangan membela Palestina. Bagaimana latar belakang Houthi? Mereka termasuk Syiah atau Sunni?

Houthi Yaman sudah 3 kali melancarkan serangan ke Israel sejak meletusnya perang antara Hamas dengan tentara Israel yang dimulai Sabtu (7/10). Houthi menggunakan roket, rudal balistik, dan pesawat tak berawak untuk mengancam Israel.

Sejumlah pihak masih meragukan kemampuan Houthi yang ingin melibatkan diri secara langsung dalam perang melawan Israel. Pasalnya, wilayah mereka dipisahkan jarak sekitar 2.000 kilometer (1.240 mil) dari Yaman ke Israel.

Pada 2014, milisi ini melakukan kudeta terhadap pemerintahan transisi Yaman pimpinan Abed Rabbo Mansour Hadi, hingga menyebabkan perang saudara di dalam negeri.

Pemerintahan resmi Hadi yang dibantu koalisi Arab Saudi lantas melancarkan serangan ke Houthi. Perang di Yaman relatif mereda selama setahun terakhir. Namun, Houthi yang banyak dibantu senjata buatan Iran kembali mencuat setelah melepaskan rudal dan drone ke arah Israel dengan dalih ingin membela Palestina.